ANALISIS STRATEGI PEMASARAN BERDASARKAN MATRIX BOSTON CONSULTING GROUP (BCG) PADA PRODUK ELEKTRONIK (Studi Kasus CV. Global Media Teknik)
Main Author: | Asmariana, Yulia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6259/1/COVER_BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6259/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6259/ http://repository.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Keberhasilan suatu perusahaan sangat ditentukan oleh keberhasilan usaha pemasaran dari produk yang diperdagangkan. Usaha pemasaran harus diarahkan kepada konsumen sebagai sasaran pasar yang dituju untuk menunjang keberhasilan perusahaan, dengan demikian dapatlah ditentukan tujuan dan sasaran apa yang diharapkan akan dapat dicapai dalam bidang pemasaran, dan bagaimana kegiatan yang harus dilakukan untuk mencapai tujuan dan sasaran tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pertumbuhan pasar, pangsa pasar relatif dan alternatif strategi yang dilakukan oleh CV. Global Media Teknik berdasarkan Matrix Boston Consulting Group. Pendekatan data pada penelitian ini dilakukan secara kualitatif karena data deskriptif berupa kata-kata tertulis. Metode pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan penelitian lapangan seperti observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan data yang digunakan adalah data primer dari hasil wawancara, dan data sekunder yang diperoleh dari data yang telah diolah. Dari hasil penelitian dengan analisis Matrix Boston Consulting Group, maka dapat diketahui bahwa tingkat pertumbuhan pasar CV. Global Media Teknik adalah sebesar 2,07% dan nilai pangsa pasar relatif adalah sebesar 0,76%, maka CV. Global Media Teknik berada pada posisi kuadran stars atau bintang. Dimana pada kuadran ini tingkat pertumbuhan pasar dan pangsa pasar relatif tinggi. Dan strategi yang digunakan adalah hold atau mempertahankan, integrasi horizontal, pengembangan produk dan penetrasi pasar agar dapat tetap bersaing dengan competitor lainnya.