STRATEGI PEMASARAN DALAM UPAYA MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PRODUK PEMBIAYAAN MIKRO iB DI BRI SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU JATIBARANG BREBES

Main Author: Restiana, Tika
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6253/1/COVER_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6253/2/TIKA%20RESTIANA_STRATEGI%20PEMASARAN%20DALAM%20UPAYA%20MENINGKATKAN%20JU.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6253/
http://repository.iainpurwokerto.ac.id
Daftar Isi:
  • Bank syariah merupakan lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkan kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan berdasarkan ketentuan-ketentuan syariah. Salah satu bank syariah tersebut adalah BRI Syariah KCP Jatibarang Brebes. Dalam menyalurkan dananya BRI Syariah KCP Jatibarang Brebes membutuhkan strategi pemasaran sehingga dapat menarik nasabah untuk melakukan pembiayaan, khhususnya produk pembiayaan Mikro iB. Produk ini diterbitkan untuk para pedagang mikro yag ingin menambah modal kerja. Produk ini menggunakan prinsip Murabahah bil wakalah. Prinsip murabahah bil wakalah yaitu jual beli baran dengan cara di wakilkan. Diwakilkan disini maksudnya bank memberikan pembiayaan kepada nasabah sesuai kesepakatan kedua belah pihak untuk dibelikan kebutuhan usahanya, tetapi dengan catatan nasabah harus memberikan bukti pembelian barang tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran produk pembiayaan Mikro iB yang ada di BRI Syariah KCP Jatibarang Brebes. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan. Lokasi penelitian ini dilaksanakan di BRI Syariah KCP Jatibarang Brebes. Strategi yang dipakai dalam memasarkan produk pembiayaan Mikro iB yaitu menggunakan unsur bauran pemasaran (marketing mix) yang terdiri dari 7P, yaitu product, price, place, promotion, people, process, physical evidence.