UPAYA MENANAMKAN NILAI-NILAI RELIGIUS PADA PESERTA DIDIK MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER AL-BARZANJI DI SMP BUSTANUL ULUM NU 02 BUMIAYU
Main Author: | Nafisatul, Munawaroh |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6226/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6226/2/NAFISATUL%20MUNAWAROH_UPAYA%20MENANAMKAN%20NILAI-NILAI%20RELIGIUS%20PADA%20PESERTA%20DIDIK%20MELALUI%20KEGIATAN%20EKS.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6226/ http://repository.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Kegiatan Al-Barzanji merupakan salah satu kegiatan ektrakurikuler yang khas di SMP Bustanul Ulum NU 02 Bumiayu yang bertujuan untuk menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik. Kegiatan tersebut wajib diikuti oleh seluruh peserta didik perempuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tentang upaya menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Al-Barzanji di SMP Bustanul Ulum NU 02 Bumiayu. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Pembina kesiswaan, pembimbing ekstrakulikuler Al-Barzanji, dan peserta didik perempuan kelas VII VIII dan IX. Obyek penelitiannya adalah upaya menanamkan nilai-nilai religius pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Al-Barzanji di SMP Bustanul Ulum NU 02 Bumiayu. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan tentang upaya menanamkan nlai-nilai religius pada peserta didik melalui kegiatan ekstrakurikuler Al-Barzanji di SMP Bustanul Ulum NU 02 Bumiayu bahwa proses penanaman nilai meliputi 3 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan ustadzah mengatur pola pelaksanaan kegiatan Al-Barzanji. Untuk tahap pelaksanaan kegiatan dalam upaya menanamkan nilai menggunakan pola yang bervariasi. Dimana kegiatan tersebut yang menekankan dalam menanamkan nilai religius tidak selalu di awal atau di akhir kegiatan. Adapun nilai yang ditanamkan antara lain nilai aqidah, nilai ibadah, nilai ruhul jihad, nilai akhlak, nilai ikhlas serta nilai keteladanan yang merupakan indikator dari nilai religius. Selanjutnya pada tahap evaluasi dilihat dari keberhasilan nilai-nilai yang ditanamkan oleh ustadzah kepada peserta didik dengan cara ustadzah menanyakan secara langsung terhadap peserta didik, mengamati tingkah laku peserta didik selama di sekolah dan sekaligus mengamati kegiatan peserta didik di lingkungan tempat tinggalnya.