Daftar Isi:
  • Guru sangat berpengaruh menghantarkan siswa menuju perubahan dan menciptakan suasana belajar yang menyenangkan sehingga siswa dapat mudah memahami materi pelajaran yang akan dicapai. Tugas guru meliputi mendidik, mengajar dan melatih. Mengajar berarti meneruskan serta mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, sedangkan melatih berarti mengembangkan keterampilan-keterampilan pada siswa. Oleh karena itu sangat penting untuk guru melakukan dan memiliki kompetensi pedagogik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Kompetensi Pedagogik Guru Kelas II MI Ma’arif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan mengambil lokasi penelitian di MI Ma’arif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala madrasah dan guru kelas II. Pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam analisis data menggunakan teknik analisis yang terdiri dari tiga alur yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru kelas II MI Ma’arif NU Sawangan Wetan Kecamatan Patikraja Kabupaten Banyumas sudah baik diantara indikasinya yaitu dalam hal menguasai karakteristik peserta didik guru melakukan pengamatan dan penilaian pada peserta didik dalam proses pembelajaran. Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip belajar yang mendidik guru telah melakukan upaya menggunakan pendekatan dan metode yang mendidik dalam pembelajaran. Mengembangkan kurikulum/silabus guru telah melakukan upaya dengan merancang rencana pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum dan silabus. Menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik yaitu dengan cara guru menggunakan media pembelajaran yang bervariasi. Mengembangkan potensi peserta didik yaitu dengan cara peserta didik diikut sertakan dalam ekstrakurikuler di sekolah. Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun yaitu guru memberikan pertanyaan yang bersifat terbuka pada peserta didik. Penilaian dan evaluasi yaitu guru menyusun penilaian tertentu yang sesuai dengan ketentuan dalam rencana pembelajaran.