STRATEGI PEMASARAN PADA PRODUK PEMBIAYAAN GRIYA BSM DI BANK SYARIAH MANDIRI KCP KALIURANG YOGYAKARTA
Main Author: | Famela, Ramadhan |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6215/1/COVER_BAB%20I_BAB%20IV_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6215/2/FAMELA%20RAMADHAN_STRATEGI%20PEMASARAN%20PADA%20PRODUK%20PEMBIAYAAN%20GRIYA%20BSM%20DI%20BANK%20SYARIAH%20MANDIRI%20KCP%20K.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6215/ http://repository.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Ditengah pesatnya perkembangan perbankan syariah dewasa ini, Bank Syariah Mandiri yang salah satunya bergerak pada bidang pembiayaan memiliki strategi pemasaran di dalam memasarkan produknya. Produk Pembiayaan Griya BSM adalah salah satu produk yang dimiliki oleh Bank Syariah Mandiri KCP Kaliurang Yogyakarta. Prinsip yang digunakan adalah prinsip Murabahah dan Musyarakah Mutanaqisah. Prinsip Murabahah adalah prinsip Pembiayaan Griya BSM untuk pembelian rumah baru/second, pembelian ruko/rukan baru/second, dan untuk pembangunan rumah. Sedangkan prinsip Musyarakah Mutanaqisah digunakan untuk multiguna/refinancing dan Take Over + Top Up. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran Produk Pembiayaan Griya BSM di Bank Syariah Mandiri KCP kaliurang Yogyakarta. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian dilaksanakan di Bank Syariah Mandiri KCP Kaliurang Yogyakarta. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa ada beberapa strategi yang dilakukan Bank Syariah Mandiri KCP Kaliurang Yogyakarta dalam memasarkan Produk Pembiayaan Griya BSM, yaitu dengan penerapan teori Marketing Mix (product, price, place, promotion). Dan tahapan-tahapan strategi pemasaran yaitu, Analisis Situasi Strategi, Perancangan Strategi Pemasaran, Pengembangan Program Pemasaran, Implementasi dan Pengelolaan Strategi Pemasaran.