IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP DI MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF NU I KLAPAGADING KECAMATAN WANGON KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Qurotul, Aini Farida
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6172/1/3.%20Lengkap.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6172/2/2.%20Cover%20-%20Daftar%20Pustaka.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6172/
Daftar Isi:
  • Kecakapan hidup merupakan suatu ketrampilan yang dimiliki oleh peserta didik agar dapat menghadapi tantangan hidup di masa yang akan datang. Pendidikan kecakapan hidup yang diselenggarakan bertujuan untuk memberikan bekal pengetahuan dan keterampilan kepada peserta didik agar mempunyai kecakapan dalam mengatasi dan memecahkan berbagai persoalan yang dihadapinya. Kecakapan hidup sebagai inti dari kompetensi dan hasil pendidikan adalah kecakapan yang dimiliki untuk berani menghadapi problema hidup secara proaktif dan kreatif menemui solusi sehingga akhirnya mampu mengatasi masalah yang ada. peneliti memberikan batasan ruang lingkup dari penelitian yang dilakukan. Peneliti hanya membatasi permasalahan pada pendidikan kecakapan hidup. Bagaimana implementasi pendidikan kecakapan hidup di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU I Klapagading Kecamatan Wangon. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi pendidikan kecakapan hidup di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU I Klapagading Kecamatan Wangon. Jenis penelitian ini dibahas menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan hasil data akhir yang berupa uraian deskriptif. Metode pengumpulan data memakai teknik observasi, wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Adapun teknik analisis data menggunakan beberapa tahapan yaitu pengumpulan, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitiannya implementasi pendidikan kecakapan hidup di Madrasah Ibtidaiyah Ma‟arif NU I Klapagading Kecamatan Wangon adalah mencakup 4 faktor : 1. Kecakapan personal : a. Penghayatan diri sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa mencakup : 1) Mengucapkan salam ketika berjumpa bapak atau ibu guru dan teman, 2) Berjabat tangan atau bersalaman ketika datang dan pulang sekolah, 3) Berdoa sebelum dan sesudah kegiatan pembelajaran, 4) Membaca asmaul husna setiap hari, 5) Hafalan suratan pendek dan tahfidz, 6) Hafalan doa-doa harian dan hadits beserta artinya, 7) Shalat dhuha, 8) Shalat dzuhur berjamaah. b. Mandiri meliputi : 1) Apel pagi dan 2) Pondok Ramadhan. 2. Kecakapan sosial : a. Kecakapan berkomunikasi lisan/tertulis meliputi 1) Bermain peran dan 2) Diskusi (discussion). b. Kecakapan bekerjasama : 1) Kepramukaan dan 2) Tugas kelompok. 3. Kecakapan akademik : a. belajar mengetahui, b. belajar melakukan sesuatu, c. belajar menjadi sesuatu, dan d. belajar hidup bersama. 4. Kecakapan vokasional : a. Berwudhu, b. Mempelajari gerakan salat, c. Memakai dan melepas pakaian sendiri, d. Menyapu lantai dan membenahi ruang kelas, e. bermain peran dan f. Menanam sayuran seperti kangkung, bayem dan pokcai.