PENGARUH MUTU PRODUK DAN SALURAN DISTRIBUSI TERHADAP VOLUME PENJUALAN GULA KRISTAL ORGANIK (Studi Kasus pada Home Industry Gula KristalOrganik Sari Manggar Desa Binangun Mrebet Purbalingga)

Main Author: Linchia Ventri Nurvinda, 1323205018
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6162/1/COVER%2C%20BAB%20I%20PENDAHULUAN%2C%20BAB%20V%20PENUTUP%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6162/2/LINCHIA%20VENTRI%20NURVINDA_PENGARUH%20MUTU%20PRODUK%20DAN%20SALURAN%20DIS.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6162/
Daftar Isi:
  • Di era globalisasi ini, persaingan di dunia industri semakin ketat. Adanya perkembangan ekonomi yang semakin pesat, perusahaan dituntut harus mampu bersaing dengan perusahaan-perusahaan lain. Perusahaan harus mampu melakukan pekerjaan sebaik mungkin agar menghasilkan produk yang berkualitas sesuai harapan konsumen. Sehingga perusahaan memperoleh peningkatan dalam volume penjualan. Salah satu faktor utama dalam memaksimalkan volume penjualan adalah dengan melakukan strategi pemasaran yang baik serta fokus pada tujuan perusahaan dalam memasarkan produknya. Strategi tersebut diantaranya adalah dengan memperhatikan mutu produk dan saluran distribusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh mutu produk dan saluran distribusi baik secara parsial maupun simultan terhadap volume penjualan gula kristal organik sari manggar. Dalam penelitian ini, variabel independent yang digunakan adalah mutu produk dan saluran distribusi. Sedangkan variabel dependent yang digunakan adalah volume penjualan. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis regresi berganda, koefisien determinasi (R2), uji t, dan uji f. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: mutu produk secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai thitung sebesar 2,758 ˃ ttabel 2,015. Saluran distribusi secara parsial berpengaruh terhadap volume penjualan dengan nilai thitung sebesar 2,888 > ttabel 2,015. Sedangkan Mutu produk dan saluran distribusi secara simultan berpengaruh terhadap volume penjualan dengan hasil nilai fhitung sebesar 9,738 > dari ftabel 3,214. Nilai koefisien determinasi dalam penelitian ini sebesar 0,312. Artinya variabel mutu produk dan saluran distribusi mempengaruhi volume penjualan sebesar 31,2%, sedangkan 68,8% dipengaruhi oleh faktor lain.