Daftar Isi:
  • Pendidikan merupakan suatu usaha sadar dan terencana dalam mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran dengan sedemikian rupa dengan tujuan agar peserta didik dapat mengembangkan potensi diri secara aktif dan inofatif, agar kecerdasan, ketrampilan dalam bermasyarakat, kekuatan spiritual keagamaan, kepribadian serta memiliki akhlak mulia. Mata pelajaran Bahasa Jawa merupakan mata pelajaran muatan lokal bahasa daerah, mata pelajaran Bahasa Jawa biasanya dianggap sulit oleh peserta didik, hal tersebut dikarenakan mata pelajaran Bahasa Jawa tak hanya mempelajari tata bahasa yang berbeda dari bahasa indonesia, namun juga mempelajari sastra serta nilai – nilai budaya jawa guna untuk mengembangkan pengetahuan keterampilan bahasa serta sikap positif yang ada pada Bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis evaluasi pembelajaran bahasa jawa kelas V Mi Maarif Nu Karangpucung Purwokerto Selatan tahun pelajaran 2017/2018.Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu suatu studi empiris dengan cara terjun langsung dilokasi penelitian terhadap fenomena-fenomena yang terjadi. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk memahami kejadian yang dialami oleh subjek penelitian seperti prilaku dengan cara deskripsi dalam bentuk kata-kata dan bahasa. Untuk tekhnik dalam pengumpulan data ini penulis menggunakan metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dari penelitian ini menunjukan bahwa hasil dari Evaluasi Pembelajaran Bahasa Jawa Kelas V Mi Maarif Nu Karangpucung Purwokerto Selatan Tahun 2017/2018 menggunakan tehnik Tes yang didalamnya terdapat tes tertulis, tes praktek dan tes lisan. Sedangkan dalam tahapan-tahapan penilitian diantaranya adalah dengan menggunakan tahap perencanaan, pelaksanaan, pengolahan dan palaporan hasil.