IMPLEMENTASI PENILAIAN AUTENTIK DI KELAS IV MI MA’ARIF NU 1 PAGERAJI KECAMATAN CILONGOK KABUPATEN BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Main Author: | Loyka Dwi Iryanti, 1223305067 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/612/1/Cover_Bab%20I_Bab%20V_Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/612/2/Loyka%20Dwi%20Iryanti_IMPLEMENTASI%20PENILAIAN%20AUTENTIK%20DI%20KELAS%20IV%20MI%20MA%E2%80%99ARIF%20NU%201%20PAGERAJI%20KECAMATAN%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/612/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas tentang penilaian autentik di kelas IV MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Penilai anautentik ialah kegiatan menilai peserta didik yang menekankan kepada tiga aspek yaitu sikap, pengetahuan dan keterampilan, baik dalam proses maupun hasil. Sikap, pengetahuan dan keterampilan dapat dicapai melalui penyelesaian tugas di mana peserta didik telah memainkan peran aktif dan kreatif. Keterlibatan peserta didik dalam melaksanakan tugastersebut sangat bermakna bagi perkembangan pribadi pesertadidik. Dengan penilaian yang melihat tiga aspek, pemberian tugas yang nyata yaitu memainkan peran aktif dan kreatif, penilaian ini sangat cocok digunakan di usia anak sekolah dasar. Dari penilaian ketiga aspek tersebut memiliki teknik dan instrument yang bermacam-macam. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui bagaimana implementasi penilaian autentik di kelas IV MI Ma’arif NU 1 Pageraji Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dengan menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini adalah Guru Kelas IV MI Ma’arif NU 1 Pageraji.Sedangkanobjekpenelitianiniadalahpelaksanaanpenilaianautentik di kelas IV MI Ma’arif NU 1 Pageraji.Teknikpengumpulan data yang digunakanadalahobservasi, wawancaradandokumentasi.Teknik analisis data menggunakan Model Miles and Huberman, yang terdiri dari: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi penilaian autentik dilaksanakan dikelas IV Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif NU 1 Pageraji yang dilaksanakan dalam proses pembelajaran tematik. Sebelum guru melakukan penilaian, guru melakukan perencanaan terlebih dahulu, dan memperhatikan ciri-ciri penilaian. Proses penilaian dilakukan setiap hari secara terus menerus atau berkesinambungan. Penilaian autentik ,mampu mengungkap hasi lbelajar secara lebih nyata, denganteknikdaninstrumen yang digunakan di kelas IV MI Ma’arif NU 1 Pageraji. Penilaiankompetensisikapmeliputiobservasi, penilaiandiri, penilaianantartemandanjurnal.Penilaiankompetensipengetahuanmeliputiteslisan, testulis dan penugasan, dan penilaian kompetensi keterampilan meliputi unjuk kerja, portofolio, dan proyek. Penilaian ini sesuai dengan kondisidankarakter anaksehingga anak tidak merasa terbebani dengan penilaian yang dilakukan tetapi merasa senang dengan penilaian proses tersebut.