KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU BAHASA ARAB DI MTs NEGERI 1 PURBALINGGA
Main Author: | El Hanum, Ratu Fiqi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6100/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6100/2/SKRIPSI%20FULL%20RATU%20FIQI%20EL%20HANUN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6100/ http://repository.iainpurwokerto.ac.id |
Daftar Isi:
- Dalam Standar Nasional Pendidikan, Pasal 28 ayat (3) butir a dikemukakan bahwa kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya kompetensi pedagogik untuk dimiliki oleh seorang guru bahasa Arab. Dikarenakan guru bahasa Arab selain mengajarkan materi bahasa Arab, juga harus mampu mengelola pembelajaran peserta didik dan menciptakan interaksi edukatif dengan memahami karakteristik peserta didik dalam menyampaikan materi pelajaran sehingga tujuan pembelajaran akan mudah tercapai. Oleh karena itu penulis meneliti bagaimana kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di kelas VII MTs Negeri 1 Purbalingga. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di MTs Negeri 1 Purbalingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field reasech). Peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Penelitian ini disajikan dalam bentuk deskriptif dengan tujuan menggambarkan proses yang terjadi dilapangan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru bahasa Arab kelas VII di MTs Negeri 1 Purbalingga. Sedangkan yang menjadi objek penelitian adalah kompetensi pedagogik guru bahasa Arab. Hasil penelitian menunjukan kompetensi pedagogik guru bahasa Arab di kelas VII MTs Negeri 1 Purbalingga Kabupaten Purbalingga sudah baik dan telah memenuhi semua indikator yang ada pada kompetensi pedagogik Permendiknas No. 16 Tahun 2007