Daftar Isi:
  • Penelitian ini berlatar belakang pada program peningkatan kinerja tenaga pendidik yang merupakan upaya uneuk meningkatkan kompetensi tenaga pendidik sebagai bekal menjalankan tugasnya sebagai pendidik, yakni melaksanakan kegiatan pengajaran, merencanakan pembelajaran, dan melakukan evaluasi. Adanya kesan penurunan mutu pendidikan di SMP Negeri 2 Cilongok, maka Kepala Sekolah mengupayakan peningkatan kinerja tenaga pendidik melalui program-program peningkatan kinerja. Tetapi dalam pelaksanaannya masih belum maksimal. Hal tersebut perlu diperbaiki, maka dalam pelaksanaannya harussenantiasa dilakukan evaluasi agar mendapatkan hasil maksimal. Tujuan penelitian ini memfokuskan terhadap upaya-upaya yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk meningkatkan kinerja tenaga pendidik, serta mengetahui pelaksanaan evaluasi program peningkatan kinerja tenaga pendidik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dimana data yang dihasilkan bersumber dari wawancara, dokumentasi dan observasi. Adapun teknik analisis data menggunakan tiga langkah analisis data, yakni: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kepala sekolah telah melaksanakan program peningkatan kinerja tenaga pendidik berupa program pembinaan kinerja, in house training dan reward. Evaluasinya mencakup aspek kesesuaian program dan pembiayaan.