IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMK BAKTI PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: EniTriyanti, 1522402097
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6068/1/COVER_BAB%20I%20PENDAHULUAN_BAB%20V%20PENUTUP_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6068/2/ENI%20TRIYANTI_IMPLEMENTASI%20KURIKULUM%202013%20MATA%20PELAJARAN%20PEND.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6068/
Daftar Isi:
  • Dalamduniapendidikanuntukmencapaitujuanpendidikan yang sesuaidenganharapanpemerintahdiperlukankurikulum yang mampumencapaitujuantersebut.Di Indonesia kurikulum yang digunakanmengalamibeberapapengembangankurikulum, hinggasaatinikurikulum yang digunakanyaitukurikulum 2013.Kurikulum 2013 berperanpentingdalampendidikan agama Islam di SMK BaktiPurwokerto.Dalamkurikulum 2013 pendidikdiharapkanmampumenguasaiberbagai model ataumetodepembelajaran yang kreatifdaninovatif agar mampumembuatpesertadidiklebihmemahamiapa yang disampaikandanmembuatpesertadidiklebihaktifdalampembelajaran. Dalamkurikulum 2013 pendidikdituntutuntukmampumenciptakanpembelajaran yang efektifdanbermakna agar pesertadidikmampumemahamiapa yang telahdisampaikan. Untukmenciptakanpembelajaran yang efektifdanbermaknapendidikharusmampumerancangpembelajarandenganbaik, melaksanakanpembelajaran yang sesuaidengantujuannya, danmelakukanevaluasidalamsetiappembelajaran.Melaluipendidikankarakterdalamkurikulum 2013 diharapkanmampumemberikandampakatauhasil yang baikterhadappembentukankarakterpesertadidik di masa yang akandatang. Jenispenelitian yang digunakandalampenelitianiniyaitupenelitiankualitatifdeskriptif, denganteknikpengumpulan data menggunakanmetodeobservasi, wawancaradandokumentasi. Data yang telahdiperolehselamapenelitiandianalisisdengancara, mereduksi data, menyajikan data danmenarikkesimpulandarihasilpenelitiantersebut. Dari hasilpenelitianditemukanbahwa, dalamimplementasikurikulum 2013 matapelajaranpendidikan agama Islam di SMK BaktiPurwokertoKabupatenBanyumas, sudahberjalandenganbaik.Dalampembelajaranmelaluitigatahap, yaitu: tahapperencaan, tahappelaksanaan, dantahappenilaian. Keberhasilanselama proses pembelajarantersebutditentukanolehkemampuanpendidikdalammengolahtigatahaptersebut di dalamkelas.