MANAJEMEN PROGRAM ADIWIYATA DI SMP NEGERI 2 BATURRADEN BANYUMAS

Main Author: USWATUN KHASANAH, 1223303063
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6058/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6058/2/SKRIPSI%20FULL%20UUS.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6058/
Daftar Isi:
  • Manajemen merupakan suatu proses yang khas yang terdiri atas tindakan-tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan, dan evaluasi terhadap program dan kegiatan yang ada di sekolah, yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran-sasaran yang telah ditentukan melalui pemanfaatan sumber daya manusia dan sumber-sumber lainnya.. Oleh karena itu menjadi sebuah kewajiban bagi setiap lembaga pendidikan untuk menciptakan pendidikan yang mempunyai inovasi pada program pembelajaran yang menyenangkan, sehingga mampu menciptakan peserta didik yang dapat mengembangkan kemampuan, memahami, dan meningkatkan prestasi belajar. Program Adiwiyata adalah satu program Kementerian Lingkungan Hidup yang merupakan implementasi Permen Lingkungan Hidup No. 02 th 2009. Program ini merupakan suatu bentuk penghargaan yang diberikan oleh pemerintah kepada lembaga pendidikan formal yang dinilai berjasa dalam mengembangkan pendidikan lingkungan hidup (KLH). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana Manajemen Program Adiwiyata Bagi Siswa SMP Negeri 2 Baturraden. Subyek penelitian adalah Kepala Sekolah, Wakil Kepala Sekolah, dan para pengurus program adiwiyata. Metode penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis data kualitatif model Milles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukan bahwa Manajemen Program Adiwiyata Bagi Siswa SMP Negeri 2 Baturraden yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, pengawasan dan evaluasi telah berjalan dengan baik sesuai dengan fungsi-fungsi manajemen. Dalam proses perencanaan melalui tahapan merencanakan kegiatan apa saja yang dilaksanakan, pengorganisasian adanya kerja sama antara instansi-instansi yang ada di Kabupaten Banyumas dan guru pendamping, pelaksanaan program sudah sesuai dengan yang telah direncanakan, pengawasan yang dilakukan secara langsung dan tidak langsung, dan evaluasi dilakukan secara langsung pada saat siswa melakukan aktivitas pembelajaran di luar kelas maupun secara tidak langsung yakni guru pembimbing membuat dan menyampaikan laporan dalam rapat pekanan, serta evaluasi untuk semua program dilaksanakan setelah akhir semester baik semester satu maupun semester dua yang seluruhnya mencakup hasil kegiatan program di sekolah dan perkembangan anak.