PERAN ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS 1 MI MA’ARIF NU 1 DAWUHANWETAN KECAMATAN KEDUNGBANTENG KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Oktaviana Prastiwi, 1522405029 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6051/1/COVER_BAB%20I%20PENDAHULUAN_BAB%20V%20PENUTUP_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6051/2/OKTAVIANA%20PRASTIWI_PERAN%20ORANG%20TUA%20DALAM%20MENINGKATKAN%20MOTIVA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6051/ |
Daftar Isi:
- Orang tua memiliki peran yang sangat penting dalam menentukan masa depan anak, termasuk dalam meningkatkan motivasi belajar anaknya pada proses belajar. Orang tua adalah pendidik sejati, pendidik karena kodratnya. Kepribadian anak dikemudian hari tergantung bagaimana cara orang tua dalam mendidiknya. Apabila anak sejak kecil sudah diajarkan kedisiplinan dan ketekunan dalam belajar maka akan berpengaruh kepada anak dimasa yang akan datang. Demikian bimbingan, asuhan dan peranan orang tua ikut membentuk motivasi belajar bagi anak. rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif NU Dawuhanwetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana Peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan Kecamatan Kedungbanteng Kabupaten Banyumas. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan metode reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas 1 MI Ma’arif NU 1 Dawuhanwetan antara lain dengan memberikan buku-buku penunjang kegiatan belajar, puzzle pendidikan, dan menyediakan tempat belajar khusus, orang tua selalu mendampingi, mengawasi, memberikan arahan anak ketika sedang belajar, memberikan hadiah dan pujian pada anak, dan menentukan waktu belajar pada siang hari, sore hari dan malam hari. Kata Kunci : Peran, Orang Tua, Motivasi, Belajar, Siswa