PEMBINAAN KARAKTER DISIPLIN MELALU KEGIATAN KEAGAMAAN BAGI ANAK RETARDASI MENTAL DI SMPLB C DAN C1 YAKUT PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Ani Septiana Solikhah, 1522402003
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6048/1/ANI%20SEPTIANA%20SOLIKHAH_PEMBINAAN%20KARAKTER%20DISIPLIN%20MELALUI%20KE.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6048/2/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6048/
Daftar Isi:
  • SMPLB C dan C1 YAKUT Purwokerto Kabupaten Banyumas merupakan sekolah yang didirikan bagi anak berkebutuhan khusus keterbelakangan mental atau anak retardasi mental. Anakretardasi mental memiliki tingkat kecerdasan dibawah normal, sehingga untuk mencapai tugas perkembangannya memerlukan bantuan atau layanan secara spesifik, termasuk dalam program pendidikannya salah satunya pembinaan karakter. Penelitian ini bertujuan mengkaji tentang bagaimana pembinaan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan bagi anakretardasi mental di SMPLB C dan C1 YAKUT Purwokerto Kabupaten Banyumas yang menanamkan dan mengembangkan karakter disiplin kepada peserta didik , sehingga peserta didik dapat menerapkan dalam kehidupan sehari-hari. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan atau field research dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk memperoleh data dan informasi terkait dengan penelitian yang dilakukan. Sedangkan pendekatan yang dilakukan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan tiga langkah analisis data , yang terdiri dari: Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan karakter disiplin melalui kegiatan keagamaan di SMPLB C dan C1 YAKUT Purwokerto Kabupaten Banyumas dilaksanakan dengan pendekatan yang berorientasi pada siswa dengan metode hiwar atau percakapan, metode qishah atau cerita, metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode targhib dan tarhib. Pembinaan karakter disiplin yang dilakukan di sekolah ini meliputi disiplin tepat waktu, disiplin mentaati peraturan yang ada di sekolah, disiplin saat mengikuti proses belajar, disiplin sikap dengan menghormati guru, dan disiplin dalam menjalankan ibadah..