IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS VA DI MI NEGERI 2 PURBALINGGA KECAMATAN KARANGJAMBU KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | FatimatulKhoriyah, 1522405053 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6047/1/FATIMATUL%20KHORIYAH_IMPLEMENTASI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6047/2/COVER_BAB%20I%20PENDAHULUAN_BAB%20V%20PENUTUP_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6047/ |
Daftar Isi:
- Make A match merupakan salah satu tipe model pembelajaran kooperatif yang berfokuskepadareviewpembelajarandengancaramasing-masingsiswamencaripasangankartu yang terdiridarikartu yang berisipertanyaanmaupunkartuyang berisijawabantentangmateripelajaran yang telahdibagikanoleh guru. Denganmenggunakanmodel pembelajaraninisiswamenjadilebihaktifdanantusiasdalampembelajaransertamemahamimateripelajarandenganmudah. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana implementasi model pembelajaran kooperatif tipemake a match dalam pembelajaran tematikKelas VA di MINegeri2 PurbalinggaKecamatanKarangjambuKabupatenPurbalingga. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajarantematik kelas VA di MI Negeri 2 Purbalingga telah dilaksanakan mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Denganmenggunakan model pembelajarantipemake a match dalampembelajarantematikmembuatsiswalebihbersemangatdanmemudahkandalammengingatmateripelajaran. Hasilanalisis yangdapatdisimpulkanbahwaimpelemtasi model pembelajarankooperatiftipemake a match guru kelas VA MI Negeri 2 Purbalinggadalampelaksanaannyamengkombinasaikan model pembelajarankooperatiftipemake a match denganmenggunakanmetode-metodedan mediapembelajaran yang lain agar tujuanpembelajarandapattercapaidenganbaik.