PEMANFAATAN SUMBER BELAJAR BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PADA PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MA SALAFIYAH KARANGTENGAH WARUNGPRING PEMALANG
Daftar Isi:
- Dalam konteks pembelajaran, media TIK dapat dijadikan sebagai sumber belajar.Sumber belajar adalah bahan-bahan yang dapat dimanfaatkan dan diperlukan untuk membantu pengajar maupun peserta didik dalam proses pembelajaran. Sumber belajar dapat berupa buku teks, media cetak, media elektronik, nara sumber, lingkungan alam sekitar, dan sebagainya yang dapat meningkatkan kadar keaktifan dalam proses pembelajaran. Sumber belajar dipilih berdasarkan kompetensi, materi pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan indikator pencapaian kompetensi dasar.Sumber-sumber belajar sebaiknya bervariasi agar memberikan pengalaman yang luas kepada peserta didik. Penggunaan sumber belajar yang tepat akan menunjang keefektifan proses pembelajaran. Permasalahandalampenelitianiniadalah: Bagaimana pemanfaatan sumber belajar berbasis TIK dalam pembelajaran Al-Qur’an Haditspada siswa MA Salafiyah Karangtengah?. Penelitianiniadalahtergolongjenispenelitiandeskriptifkualitatif yang pendekataninidigunakankarena data yang dikumpulkanberupa kata-kata danbukanangka-angka.Berdasarkansifatmasalahnyapenelitianinimerupakanpenelitiandeskriptif.Penelitiandeskriptifmerupakanmetodepenelitian yang berusahamenggambarkandanmenginterpretasikanobjeksesuaiapaadanya. Adapunmetodepengumpulan data yang dipakaiantaralain; metodeobservasi, interview dandokumentasi. Hasildaripenelitianinidapatdisimpulkan; bentuk-bentuksumberbelajar TIK di MA salafiyahmeliputi; pertama, software (perangkatlunak) terdiridari; software Qur’an in word, Holy qur’an, ensiklopedihadits. Kedua, website yang terdiridari; al-qur’an online danaplikasihadits online.Ketiga, E-bookmateri Al-Qur’an Hadits.Daampemanfaatan TIK di MA menggunakan model tutorial dan drill.Dalampelaksanaannyadilakukandenganduacara; pertama, guru mengajarkanmateri Al-Qur’an Haditsdengan media TIK. Kedua, dengancarapenugasanterbimbingbaikindividumaupunkelompok. Pemanfaatan TIK dalampembelajaran Al-Qur’an Haditsberdampakpadahasilbelajarsiswa, terlihatadanyapeningkatandalam proses belajarmengajar, bukanhanyapesertadidiktapipendidikjugalebihtermotivasidalammeningkatkankwalitaspengetahuantentang TIK danakhirnyaprestasibelajarpesertadidikdapatmeningkat.