ANALISIS STRATEGI HUBUNGAN PERSONAL DALAM MENURUNKAN RESIKO PEMBIAYAAN BERMASALAH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BPRS BAS KEBUMEN
Main Author: | MU’AFAH, 1522202020 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6025/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6025/2/MU%E2%80%99AFAH_ANALISIS%20STRATEGI%20HUBUNGAN%20PERSONAL%20DALAMMENURUNKAN%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6025/ |
Daftar Isi:
- Hubungan personal menjadikuncibagi marketing untukmeraihtujuanperusahaanyaitumenentukankebutuhandankeinginannasabahsertadapatmemberikankepuasansecaralebihefisiendanefektif.Denganadanyahubungan personal ini, bank dapatmengantisipasiadanyarisiko-risiko yang terjadi, salahsatunyaadalahkelalaiannasabah yang sengajaataulupatidakmembayarkanangsuranpembiayaan.Olehkarenaitu, pentingmengetahuibagaimanastrategihubungan personal di suatuperbankanuntukmenurunkanresikopembiayaanbermasalah. Dalampenelitianini, masalahumum yang dikemukakanadalahbagaimanastrategihubungan personal dalammenurunkanresikopembiayaanbermasalahprodukpembiayaanmurabahah di BPRS BumiArthaSampangKebumen. Penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan (field research) melaluipendekatandeskriptifkualitatifuntukmengetahuibagaimanastrategihubungan personal dalammenurunkanresikopembiayaanbermasalahprodukpembiayaanmurabahah.Penelitimenggunakanteknikpengumpulan data denganmelakukanobservasi, wawancarakepadabeberapainforman, dandokumentasiterkaitsubjekdanobjekpenelitian.Data yang diperolehkemudiandianalisisdengantahapanreduksi data, display data, danpengambilankeputusanatauverifikasikesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa BPRS BumiArthaSampang (BAS) kantorcabangkebumentelahmenerapkanstrategihubungan personal denganbeberapapendekatanrelationship marketingdalammenurunkanresikopembiayaanbermasalah. Menurutpenulisstrategi relationship marketing yang disebut bank sebagaihubungan personal inidalammenurunkanreskiopembiayaanbermasalahsudahditerapkandenganbaik, dimanaketika bank menggunakanpenedekatan-pendekatanfinancial benefit, social benefit, danstructural benefitjumlahnasabahpembiayaanbermasalahdapatmenurun. Kata Kunci: Hubungan Personal, Relationship Marketing, ResikoPembiayaan, PembiayaanMurabahah