ANALISIS STRATEGI HUBUNGAN PERSONAL DALAM MENURUNKAN RESIKO PEMBIAYAAN BERMASALAH PRODUK PEMBIAYAAN MURABAHAH DI BPRS BAS KEBUMEN

Main Author: MU’AFAH, 1522202020
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6025/1/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6025/2/MU%E2%80%99AFAH_ANALISIS%20STRATEGI%20HUBUNGAN%20PERSONAL%20DALAMMENURUNKAN%20.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6025/
Daftar Isi:
  • Hubungan personal menjadikuncibagi marketing untukmeraihtujuanperusahaanyaitumenentukankebutuhandankeinginannasabahsertadapatmemberikankepuasansecaralebihefisiendanefektif.Denganadanyahubungan personal ini, bank dapatmengantisipasiadanyarisiko-risiko yang terjadi, salahsatunyaadalahkelalaiannasabah yang sengajaataulupatidakmembayarkanangsuranpembiayaan.Olehkarenaitu, pentingmengetahuibagaimanastrategihubungan personal di suatuperbankanuntukmenurunkanresikopembiayaanbermasalah. Dalampenelitianini, masalahumum yang dikemukakanadalahbagaimanastrategihubungan personal dalammenurunkanresikopembiayaanbermasalahprodukpembiayaanmurabahah di BPRS BumiArthaSampangKebumen. Penelitianinimerupakanjenispenelitianlapangan (field research) melaluipendekatandeskriptifkualitatifuntukmengetahuibagaimanastrategihubungan personal dalammenurunkanresikopembiayaanbermasalahprodukpembiayaanmurabahah.Penelitimenggunakanteknikpengumpulan data denganmelakukanobservasi, wawancarakepadabeberapainforman, dandokumentasiterkaitsubjekdanobjekpenelitian.Data yang diperolehkemudiandianalisisdengantahapanreduksi data, display data, danpengambilankeputusanatauverifikasikesimpulan. Hasilpenelitianmenunjukanbahwa BPRS BumiArthaSampang (BAS) kantorcabangkebumentelahmenerapkanstrategihubungan personal denganbeberapapendekatanrelationship marketingdalammenurunkanresikopembiayaanbermasalah. Menurutpenulisstrategi relationship marketing yang disebut bank sebagaihubungan personal inidalammenurunkanreskiopembiayaanbermasalahsudahditerapkandenganbaik, dimanaketika bank menggunakanpenedekatan-pendekatanfinancial benefit, social benefit, danstructural benefitjumlahnasabahpembiayaanbermasalahdapatmenurun. Kata Kunci: Hubungan Personal, Relationship Marketing, ResikoPembiayaan, PembiayaanMurabahah