UPAYA MENUMBUHKAN PERILAKU PROSOSIAL PADA ANAK USIA DINI MELALUI BERMAIN PERAN Di TK AISYIYAH KARANGLEWAS KIDUL KECAMATAN KARANGLEWAS KEBUPATEN BANYUMAS
Main Author: | ESTRI PURI TIMBUL NURSIANA, 1522406044 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6001/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6001/2/SKRIPSI%20FULL%20ESTRI%20PURI%20TIMBUL%20NURSIANA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/6001/ |
Daftar Isi:
- Perilaku prososial merupakan salah satu dasar perkembangan yang harus dimiliki anak, karena sangat diperlukan untuk persiapan diri menjadi anggota kelompok dalam akhir masa kanak-kanak agar mampu beradaptasi dengan lingkungan yang lebih luas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana upaya menumbuhkan perilaku prososial pada anak usia dini melalui bermain peran di TK Aisyiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas?”. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana upaya menumbuhkan perilaku prososial pada anak usia dini melalui bermain peran di TK Aisyiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Penelitan ini merupakan penelitian lapangan (field reseacrh) dengan pendekatan kualititaf di TK Aisyiyah Karanglewas Kidul Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Objek penelitiannya yaitu upaya menumbuhkan perilaku prososial pada anak usia dini melalui bermain peran. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan orangtua wali murid TK Aisyiyah Karanglewas Kidul. Metode pengumpulan data meliputi observasi, wawacara dan dokumentasi. Metode observasi dengan mengamati kegiatan bermain peran dalam menumbuhkan perilaku prososial pada anak usia dini, metode wawancara untuk mengetahui informasi yang lebih mendalam tentang perilaku prososial pada anak usia dini melalui bermain peran, metode dokumentasi sebagai penunjang dalam penelitian. Analisis datanya meliputi reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Hasil penelitian menunjukan bahwa kegiatan bermain peran dalam menumbuhkan perilaku prososial di TK Aisyiyah Karanglewas Kidul, menggunakan model pembelajaran sentra dengan 4 pijakan main yaitu pertama pijakan lingkungan main, kedua pijakan sebelum main, ketiga pijakan saat main, keempat, pijakan setelah main.Perilaku prososial yang tumbuh melalui bermain peran diantaranya kerjasama, meniru, persaingan, empati, perilaku akrab, disiplin, toleransi, dan perilaku sopan.Faktor yang mempengaruhi perilaku prososial pada anak usia dini di TK Asisyiyah Karanglewas Kidul yaitu orangtua, guru, dan teman sebaya.