MANAJEMEN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU AL AMBARY DUKUHTURI BUMIAYU BREBES
Main Author: | Alfian Tri Kuntoro, 1717651037 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5994/1/ALFIAN%20TRI%20KUNTORO_MANAJEMEN%20MUTU%20PENDIDIKAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5994/2/COVER_ABSTRAK_DAFTAR%20ISI_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5994/ |
Daftar Isi:
- Mutuadalahsebuahperubahan yang memerlukanjangkapanjang.Olehkarenaitu, untukmewujudkansebuahlembagapendidikan yang bermutudiawalidaripeningkatankualitassumberdayanya, khususnyatenagapendidik yang memegangperananpentingdalammembentukpesertadidik yang bermutu.Dalam mewujudkan pendidikan yang bermutu memerlukan sebuah manajemen mutu. Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ambary Dukuhturi Bumiayu Brebes merupakan sekolah yang menerapkan manajemen mutu pendidikan untuk meningkatkan mutu pendidikan. Penelitian ini bertujan untuk memperoleh gambaran tentang manajemen mutu pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ambary Dukuhturi Bumiayu Brebes dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field reserarch) dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptip. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pbservasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan triangulasi data yang terdiri dari: data reduction, data display, dan conclusion drawing. Berdasarkan hasil analisis data terkait dengan manajemen mutu pendidikan ditemukan bahwa Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Ambary Dukuhturi Bumiayu Brebes sekolah tersebut merapkan praktek manajemen mutu pendidikan melalui beberapa kegiatan diantaranya melaksanakan perbaikan terus menerus atau kaizen, Sehingga dengan menerapkan perbaikan terus menerus tersebut dalam manajemen mutu pendidikan tersebut akan menjadikan sebuah sekolah yang bermutu. Dari gambaran itulah kemudian muncul konsep sekolah Islam terpadu yang mempunyai tujuan menciptakan anak didik yang mempunyai keseimbangan penguasaan ilmu dunia (seperti sekolah pada umumnya) dan ilmu agama Islam. Dengan kata lain, hadirnya sekolah Islam terpadu mempunyai visi dan misi penggabungan sekolah umum dan sekolah agama (madrasah). Dengan adanya sekolah Islam terpadu, membuat masyarakat menaruh banyak harapan masa depan lebih cemerlang.Dari lulusansekolah Islam terpadudiharapkanmampumencetakgenerasi yang akanmemimpinbangsainidenganakhlakmuliadancerdas.