MANAJAMEN KURIKULUM 2013 DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH IBTIDAIYAH NEGERI 1 BREBES

Main Author: Khusnuddin, 1717651045
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5946/1/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5946/2/KHUSNUDDIN_MANAJEMEN%20KURIKULUM%202013%20DALAM%20PENGUATAN%20PENDIDIK.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5946/
Daftar Isi:
  • Salah satu upaya perbaikan pendidikan adalah melalui upaya penyempurnaan kurikulum yang sedang diberlakukan. Revisi terhadap kurikulum 2013 yang saat ini terjadi salah satunya adalah integrasi program penguatan pendidikan karakter dalam kurikulum. Program ini diyakini akan mampu mengatasi persoalan dekadensi moral dan problematika kependidikan lainnya di Indonesia. Guna memaksimalkan pencapaian keberhasilan program ini satuan pendidikan mengimplementasikan kurikulum dalam bingkai manajemen kurikulum yang baik. Upaya penguatan pendidikan karakter ini ditindaklanjuti oleh lembaga pendidikan melalui kerangka perencanaan sistematis, salah satunya adalah MIN 1 Brebes, yang berupaya mengimplementasikan kurikulum 2013 dengan mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter. Penelitian terhadap integrasi program penguatan pendidikan karakter menjadi penting dilakukan dilembaga pendidikan ini dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen kurikulum 2013 berdasarkan tinjauan program penguatan pendidikan karakter. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang dilakukan melalui pengumpulan data berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang dihasilkan tersebut dianalisis melalui reduksi data , penyajian, serta verifikasi. Temuan yang diperoleh berdasarkan hasil analisis data pada penelitian yang dilakukan di MIN 1 Brebes dapat diperoleh informasi bahwa Kurikulum 2013 yang dikembangkan di MIN 1 Brebes mengintegrasikan penguatan pendidikan karakter sebagaimana telah dikemas dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan yang telah susun. Selanjutnya terkait dengan aktifitasnya Kurikulum tersebut dikelola melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pola evaluasi sebagaimana termuat dalam fungsi manajemen. Terdapat lima karakter yang dikembangkan melalui kurikulum 2013 yakni religius, integritas, mandirin nasionalis dan gotong royong, kelima nilai karakter tersebut selanjutnya di implementasikan dalam wujud kegiatan kependidikan melalui kegiatan intrakurikuler, kokurikuler dan ekstrakurikuler