Daftar Isi:
  • Penanaman sikap pada peserta didik sangatlah penting.Hal ini disebabkan karena banyaknya fenomena kenakalan remaja yang marak terjadi akhir-akhir ini.Dalam upaya pengembangan nilai-nilai karakter di lembaga pendidikan, seorang guru tidak hanya terfokus pada kegiatan proses belajar mengajar di kelas, tetapi juga harus mengarahkan kepada siswanya dalam bentuk implementasi keagamaan. Penelitian ini ditujukan untuk mendeskripsikan upaya sekolah dalam mengimplementasikan pendidikan karakter melalui berbagai kegiatan keagamaan yang terdapat di SMP Al Hikmah Benda, serta karakter yang terbentuk pada peserta didik dari kegiatan keagamaan yang diadakan disekolah. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian adalah Kepala Sekolah, para guru dan siswa.Prosedur pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Analisis data dilakukan dengan teknik reduksi data, penyajian data dan selanjutnya diambil penarikan kesimpulan.Pengecekan keabsahan temuan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa implementasi pendidikan karakter siswa melalui kegiatan keagamaan telah berjalan dengan baik sesuai dengan program yang telah ditentukan melalui kegiatan pembiasaan. Kegiatan pembiasaan diantaranya adalah pembacaan surat-surat pendek atau asmaulhusna sebelum proses pembelajaran berlangsung, shalaatDhuha, Shalat Duhurberjama’ah. Nilai-nilai karakter yang ditanamkan melalui kegiatan-kegiatan keagamaan tersebut ialah nialai religius, disiplin,tanggung jawab, jujur, mandiri, kerja keras, peduli sosial, toleransi, dan kreatif.Kendala yang dihadapi ialah terbatasnya waktu pelaksanaan kegiatan keagamaan, sulitnya mengkondisikan peserta didik dalam mengikuti kegiatan keagamaan. Cara mengatasi kendala ialah dengan metode pendekatan personal yang dilakukan oleg guru kepada siswa.