MEDIA PEMBELAJARAN AL QUR'AN HADIS DI MADRASAH IBTIDAIYAH COKROAMINOTO LINGGASARI KECAMATAN WANADADI KABUPATEN BANJARNEGARA TAHUN PELAJARAN 2012-2013
Main Author: | YATIMAH, NIM. 092334022 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/587/1/YATIMAH_MEDIA%20PEMBELAJARAN%20AL%20QUR%27AN%20HADIS%20DI%20MADRASAH%20IBTIDAIYAH%20COKROAMINOTO%20LINGGASARI%20KECAMATAN%20WANADADI%20KABUPATEN%20BANJARNEGARA%20TAHUN%20PELAJARAN%202012-2013.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/587/2/Cover%2C%20Bab%20I%2C%20Bab%20V%2C%20Daftar%20Pustaka.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/587/ |
Daftar Isi:
- Latarbelakangpenelitianinididasariadanyakeinginanpenulisuntukmengetahuiberbagai media pembelajaran yang digunakanpada MI CokroaminotoLinggasari, KecamatanWanadadi, KabupatenBanjarnegara. Sehinggarumusanmasalahnyaadalah “Apasajabentuk media pembelajaranmatapelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC Linggasari,?, Bagaimanalangkah-langkahpenggunaan media pembelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC Linggasari, Apasajakebaikandankeburukanpenggunaanberbagaibentuk media pembelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC LinggasariTahunPelajaran 2012/2013?. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuibentuk media pembelajaranmatapelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC Linggasari, langkahpenggunaan media pembelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC Linggasari, kebaikandankeburukanpenggunaanberbagaibentuk media pembelajaran Al Qur‟anHadis di kelas V MIC LinggasariTahunPelajaran 2012/2013. Adapuntehnikpengumpulan data yang digunakanadalahdengan interview, observasidandokumentasi. Adapunpengolahan data menggunakancaradeduktif. Hasilpenelitiannyayaitubentuk media pembelajaran yang digunakan di kelas V ialah: Media grafisberupa poster tajwid, Media proyeksidiamberupapapan tulis, Media audio berupa tape recorder dan laptop, Media cetakberupajuzammadan Al Qur‟an. Langkahpenggunaan media pembelajarandikelas V ialah: Guru mempersiapkan media pembelajarandenganmencocokkanantarakompetensidasar, materidengan media pembelajaran yang sesuai. Padapelaksanaanpenggunaan media pembelajaran guru menggunakan media yang sudahdipilih yang disesuaikandenganmateridankompetensidasar yang diharapkan. Padakegiatanevaluasi guru mengetessejauhmanapenyerapanmateripelajarandengancaraevaluasilesan. Satupersatu gurumengetesmateri yang telahdipelajari. Kebaikanpenggunaan media pembelajarandikelas V ialah: kegiatanpembelajaranakanlebihmenarikperhatiansiswa, materipelajaranakanlebihmemungkinkandikuasaisiswa, denganadanya media pembelajaranmetodemengajarakanlebihberfarisi, siswaakanlebihaktifdalammemperhatikanpembelajaran yang menggunakan media pembelajaran. Keburukanpenggunaan media pembelajarandikelas V ialah: kadang-kadangmenjadikansiswaagakribut (ramai), memakanwaktu yang agak lama, biaya yang dikeluarkanlebihbesardaripembelajaran yang tidakmenggunakan media. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Al Qur‟anHadis, MIC Linggasari