PEMBELAJARAN AL-QUR’AN DI TPQ NASRULLOH KAMPUNG SRI RAHAYU KARANGKLESEM KECAMATAN PURWOKERTO SELATAN KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | AchmadChoerul Umami, 1522402048 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5799/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5799/2/Pembelajaran%20Al-qur%E2%80%99an%20Di%20TPQ%20Nasrulloh%20Kampung%20Sri%20Rahayu%20K.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5799/ |
Daftar Isi:
- Belajar Al-Qur’an menjadi kewajiban setiap umat Islam, belajar Al-Qur’an disini artinya yaitu mempelajari cara membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar yang disertai dengan hukum tajwidnya. Sebagai orang tua sudah seharusnya turut memperhatikan perkembangan agama anak-anaknya.karena perkembangan agama pada anak sangat ditentukan oleh pendidikan dan pengalaman yang dilaluinya. Salah satu cara terpenting mendidik dan membina anak adalah dengan memberinya pendidikan Al-qur’an. Permasalahan yang akan diteliti dan dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimanakah Pelaksanaan Pembelajaran Al-Qur’an Al-Qur’an bagi anak jalanan di TPQ Nasrulloh Kampung Sri Rahayu Purwokerto Selatan? Penelitianinimerupakanpenelitianlapangan (field research) yang bersifatdeskriptif-kualitatif.Pihak yang menjadisubyekpenelitianadalahkepala, ustaz/ustazah, dansantri (anakjalanan) TPQ Nasrulloh, sedangkanobyekdalampenelitianiniadalahPembelajaran Al-Qur’an bagianakjalanan di TPQ NasrullohKampung Sri RahayuPurwokerto Selatan. Untukpengumpulan data, teknik yang digunakanialahobservasi, wawancara, dandokumentasi, sedangkandalammenganalisis data digunakanpendekatananalisis Miles and Huberman yang meliputipereduksian data, penyajian data hinggaverifikasidanpenyimpulan data. HasildaripenelitianinimenunjukankegiatanPembelajaran Al-Qur’an di TPQ NasrullohKampung Sri Rahayudilaksanakansetiapharikecualiharijumat, pukul 16.00 WIBsampaiselesai.Pembelajarandilaksanakansecaraklasikalataubersama-samadalamsaturuangan, terdapat 44 santri, 12 diantaranyasantrimerupakananakjalanan.Dalampelaksanaanpembelajaran Al-Qur’an menggunakanmetodeIqra’, Kegiatanpembelajarandilaksanakandengan 3 tahapanyaitu: pembukaan, ustadzmengucapkansalam, bersama-samamembacaAl-Fatikhah, doasehari-haridansuratanpendekbersama-sama. Kedua, kegiataninti.Ustadzbersamaparasantrimenyiapkanbukumateri yang akandigunakanuntukpembelajaranIqra’ dansantrimengumpulkankartuprestasikepadaustadz.Kemudianbergantianatau individual membacahalamaniqra’ dengandipanggilsatu per satudanmmebacadisimakolehustadz,.Ketiga, penutup.ustadzmenutuppembelajaransecarabersama-samadenganmelafadzkandoakeduauntukkedua orang tua, doakeselamatanduniaakhirat, dandoakifaratulmajelis, kemudianustadzmengucapsalamdanbersalamandenganparasantri.