PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI WINONG MIRIT KEBUMEN

Main Author: DINA TRI KUMALA DEWI, 1323308066
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5793/1/COVER%20BAB%20I%20BAB%20V%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5793/2/PENGARUH%20TINGKAT%20PENDIDIKAN%20ORANG%20TUATERHADAP%20MOTIVASI%20BELAJ.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5793/
Daftar Isi:
  • Motivasibelajaradalahdorongan yang diperolehsiswauntukbelajardanmelangsungkanpelajarandengansemangat yang tinggidanmemberikanarahatautujuan yang telahditentukan.Untukmeningkatkanmotivasibelajarsiswadapatdipengaruhiolehtingkatpendidikan.Adapuntujuandaripenelitianiniadalahuntukmengetahuiadaatautidaknyapengaruhtingkatpendidikan orang tuaterhadapmotivasibelajarsiswa di SD NegeriWinongKecamatanMiritKabupatenKebumen. Penelitianinimenggunakanmetodeanalisisdeskriptifdenganpendekatankuantitatif.Populasipenelitianiniadalahseluruhsiswa SD NegeriWinongMiritKebumen, teknikpengumpulan data menggunakanangket.Metodeanalisis data menggunakananalisisregresi linear sederhanadenganalatbantuaplikasi SPSS (Statictical Product Service Solution). Hasilpenelitianinimenyatakanbahwaterdapatpengaruhpositifdansignifikantingkatpendidikan orang tuaterhadapmotivasibelajarsiswa di SD NegeriWinongKecamatanMiritKabupatenKebumendenganpersamaanregresi linear diperolehsebesar Y= 12,172+2,619 dengankoefisiendeterminasisebesar 0,478. Sehinggatingkatpendidikan orang tuamemperngaruhimotivasibelajarsiswasebesar 47,8%.