IMPLEMENTASI METODE TILAWATI DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DI TPQ AL-MUTTAQIN MERSI KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: NUR AINI, 1522402113
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5781/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5781/2/skripsi%20full%20nur%20aini.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5781/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dari penelitian ini bermula dari metode tilawati yang digunakan ternyata memberikan perubahan dalam perkembangan pembelajaran membaca al-Qur’an di TPQ Al-Muttaqin. Dalam pembelajaran membaca al-Qur’an menggunakan metode tilawati menambah semangat santri dalam belajar membaca al-Qur’an serta semangat Ustadz dan Ustadzah dalam mengajar karena menggunakan lagu atau rost sehingga dirasa lebih menarik. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan menggali sumber data yaitu dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggali sumber dari Kepala TPQ Al-Mutatqin, Ustadz TPQ Al-Muttaqin, dan Santri TPQ Al-Muttaqin, juga pengamatan langsung dari implementasi metode tilawati. Analisis yang digunakan dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode yang digunakan di TPQ Al-Muttaqin yaitu metode klasikal-individual dan klasikal-baca simak. Target pencapaian metode tilawati dalam pembelajaran membaca al-Qur’an seperti membaca dengan tartil, dengan lagu rost, menulis/ imla’, hafalan surat-surat pendek, hafalan doa sehari-hari, praktek sholat serta evaluasi pembelajaran menggunakan metode tilawati. Kata kunci : Implementasi Metode Tilawati, Pembelajaran Membaca Al-Qur’an