PENGARUH LINGKUNGAN SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 1 PURWOKERTO KABUPATEN BANYUMAS
Main Author: | Laeli Aji Rachmawati, 1522407023 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5779/1/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5779/2/LAELI%20AJI%20RACHMAWATI_PENGARUH%20LINGKUNGAN%20SEKOLAH%20TERHADAP%20MI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5779/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Adapun latar belakang penelitian ini adalah minat belajar matematika siswa kelas VIII yang bervariasi, ada yang tinggi, sedang dan rendah. Serta dalam hal lingkungan sekolah, yang meliputi metode mengajar, relasi siswa dengan siswa, relasi guru dengan siswa, disiplin sekolah, keadaan gedung dan semua hal yang berkaitan dengan keadaan di sekolah yang mengakibatkan bervariasinya minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode penelitian survey. Sampel dalam penelitian ini adalah 127 siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto, pengambilan sampel ini menggunakan teknik Proportionate Stratafied Random Sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah angket berbentuk skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana, sebelum dilakukan uji analisis maka dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji heteroskedatisitas, uji linearitas dan uji keberartian regresi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Purwokerto. Besarnya pengaruh lingkungan sekolah terhadap minat belajar matematika dilihat dari koefisien determinsasi R square sebesar 0,387 yang berarti bahwa lingkungan sekolah berpengaruh terhadap minat belajar matematika siswa sebesar 38,7 %, sedangkan sisanya 61,3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. K