Daftar Isi:
  • Kreativitas mengajar guru merupakan kemampuan guru dalam berfikir dan menerapkannya dalam serangkaian kegiatan pembelajaran yang menghasilkan suatu karya. Proses kreativitas mengajar guru dapat mengoptimalkan proses pembelajaran tematik dengan mengimplementasikan keterampilan mengajar guru. Namun dalam kenyataannya guru belum maksimal dalam menguasai dan menerapkan keterampilan mengajar. Sehingga penelitian ini memfokuskan kajiannya pada kreativitas mengajar guru dalam pembelajaran tematik di kelas 3A MI Ma’arif NU 1 Pageraji Banyumas dilihat dari konsep keterampilan mengajar guru. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian lapangan yang disajikan dalam bentuk deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam menganalisis data, peneliti merujuk pada teknis analisis Model Interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari: Reduksi data, Penyajian data, Penarikan Kesimpulan atau Verifikasi. Penelitian ini menemukan bahwa dalam melakukan proses pembelajaran tematik guru lebih menonjolkan empat dari delapan kraetivitas mengajar, meliputi kreativitas mengajar dalam menjelaskan, kreativitas mengajar dalam mengelola kelas, kreativitas mengajar dalam bertanya, serta kreativitas mengajar dalam mengadakan variasi.