UPAYA PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN MUSLIM DI SD IT LENTERA HATI KECAMATAN KALIGONDANG KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | FARIDA HASYIM, 1123301173 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5748/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5748/2/FARIDA%20HASYIM%20%20_UPAYA%20PEMBENTUKAN%20KEPRIBADIAN%20MUSLIM%20DI%20SD%20IT%20LENTERA%20HATI%20KECAMATAN%20KALIGONDANG%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5748/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan dapat dikategorikan sebagai salah satu lingkungan yang juga memiliki andil dalam pembentukkan kepribadian seorang muslim. Dalam pendidikan, siswa dididik untuk disiplin, rajin, jujur, semangat dan masih banyak lagi hal positif lainnya. Oleh karena itu, pendidikan diharapkan mampu memaksimalkan perannya sebagai salah satu lingkungan dalam pembentukkan kepribadian siswa. Pembentukan kepribadian muslim adalah suatu usaha, cara atau proses yang dilakukan untuk membentuk kepribadian anak dengan cara membimbing, mengarahkan dan mendidiknya agar menjadi pribadi yang mencerminkan perilaku dan sikap sebagai seorang muslim, baik secara lahiriyah maupun batiniyah. Secara kolektif kepribadian muslim adalah kepribadian yang berserah diri, taat dan patuh kepada Allah SWT. Maka dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode penelitian analisis deskriptif, dengan menggunakan cara berfikir induktif, dimana penelitian memperoleh informasi dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya hasil data dan informasi tersebut dipaparkan melalui penjelasan sehingga ditarik kesimpulan. Setelah dilakukan penelitian di SD IT Lentera Hati Kaligondang Purbalingga, dapat disimpulkan bahwa upaya yang dilakukan oleh para guru untuk membentuk kepribadian muslim siswa SD IT Lentera Hati Kaligondang Purbalingga secara umum mencakup beberapa aspek-aspek kepribadian muslim, diantaranya adalah aspek akidah, aspek ibadah, aspek akhlak, aspek sosial dan aspek fisik.