ctrlnum 5738
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5738/</relation><title>UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TUIS AL-QUR&#x2019;ANDI MIN 1 BANYUMAS</title><creator>Almuhasim, 1522401048</creator><subject>2x7.3202 Administrasi dan Manajemen</subject><subject>2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah</subject><description>Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu salah satu permasalahan madrasah sebagai lembaga pendidikan populis telah mengalami proses modernisasi yang berlangsung secara terus menerus. Dalam idealisme masyarakat visi dan misi keislaman tidak boleh pudar apalagi hilang sama sekali. Sebab madrasah dipandang sebagai lembaga pendidikan yang mencitrakan jadi diri Islam. Oleh karena itu perlakukan kepada madrasah dan siswanya haruslah berpedoman kepada visi dan misi yang terkait langsung dengan mewujudkan Islam sebagai ajarannya.&#xD; Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah maka daat dirumuskan permasalahan yaitu Bagaimana upaya madrasah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur&#x2019;an bagi siswa MIN 1 Banyumas&#xD; Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang upaya madrasah dalam meningkatkan kemampun baca dan tulis Al-Qur&#x2019;an siswa di MIN 1 Banyumas.&#xD; Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan data-data di lapangan dan dokumen-dokumen yang menunjang. Dalam penelitian ini juga berisi data dari wawancara dengan kepala madrasah, guru-guru baca tulis Al Quran, guru pembimbing tahfidz, dokumentasi dan hasil observasi yang penulis lakukan di beberapa kelas di MIN 1 Banyumas. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi&#xD; Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya yang dilakukan oleh madrasah dalam meningkatkan kemampuan baca dan tulis Al-Qur&#x2019;an siswa di MIN 1 Banyumas adalah pertama madrasah medatangkan guru dari luar untuk memberikikan bekal kepada guru-guru di MIN 1 Banyumas, kedua Madrasah medatangkan guru pendamping dari luar madrasah guna membantu proses pembelajaran baca tulis Al-Qur&#x2019;an, ketiga madrasah mengadakan pertemuan rutin satu minggu sekali guna membahas program baca tulis Al-Qur&#x2019;an, ngaji bersama, serta melakukan evaluasi terhadap program yang sudah berjalan.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5738/1/ALMUHASIM_UPAYA%20MADRASAH%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20BACA%20T.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5738/2/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Almuhasim, 1522401048 (2019) UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TUIS AL-QUR&#x2019;ANDI MIN 1 BANYUMAS. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>5738</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Almuhasim, 1522401048
title UPAYA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BACA TUIS AL-QUR’ANDI MIN 1 BANYUMAS
publishDate 2019
isbn 9781522401049
topic 2x7.3202 Administrasi dan Manajemen
2x7.322 Madrasah Ibtidaiyah
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5738/1/ALMUHASIM_UPAYA%20MADRASAH%20DALAM%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20BACA%20T.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5738/2/COVER_BABI_BABV_DAFTARPUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5738/
contents Latar belakang masalah dari penelitian ini yaitu salah satu permasalahan madrasah sebagai lembaga pendidikan populis telah mengalami proses modernisasi yang berlangsung secara terus menerus. Dalam idealisme masyarakat visi dan misi keislaman tidak boleh pudar apalagi hilang sama sekali. Sebab madrasah dipandang sebagai lembaga pendidikan yang mencitrakan jadi diri Islam. Oleh karena itu perlakukan kepada madrasah dan siswanya haruslah berpedoman kepada visi dan misi yang terkait langsung dengan mewujudkan Islam sebagai ajarannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah maka daat dirumuskan permasalahan yaitu Bagaimana upaya madrasah dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an bagi siswa MIN 1 Banyumas Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan tentang upaya madrasah dalam meningkatkan kemampun baca dan tulis Al-Qur’an siswa di MIN 1 Banyumas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif yang berdasarkan data-data di lapangan dan dokumen-dokumen yang menunjang. Dalam penelitian ini juga berisi data dari wawancara dengan kepala madrasah, guru-guru baca tulis Al Quran, guru pembimbing tahfidz, dokumentasi dan hasil observasi yang penulis lakukan di beberapa kelas di MIN 1 Banyumas. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah: metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa upaya yang dilakukan oleh madrasah dalam meningkatkan kemampuan baca dan tulis Al-Qur’an siswa di MIN 1 Banyumas adalah pertama madrasah medatangkan guru dari luar untuk memberikikan bekal kepada guru-guru di MIN 1 Banyumas, kedua Madrasah medatangkan guru pendamping dari luar madrasah guna membantu proses pembelajaran baca tulis Al-Qur’an, ketiga madrasah mengadakan pertemuan rutin satu minggu sekali guna membahas program baca tulis Al-Qur’an, ngaji bersama, serta melakukan evaluasi terhadap program yang sudah berjalan.
id IOS3655.5738
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2019-08-12T07:10:14Z
last_indexed 2020-01-16T04:49:55Z
recordtype dc
_version_ 1763141805250969600
score 17.538404