PEMBELAJARAN NAHWU DENGAN METODE EKLEKTIK DI KELAS X JURUSAN KEAGAMAAN MADRASAH ALIYAH MIFTAHUL HUDA RAWALO BANYUMAS

Main Author: Ummu Askhiya, 1522403090
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5735/1/COVER-BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5735/2/UMMU%20ASKHIYA_PEMBELAJARAN%20NAHWU%20DENGAN%20METODE%20ELEKTIK%20DI%20KELAS%20X%20JURUSAN%20KEAGAMAAN%20MA%20MIFTAHUL%20HU.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5735/
Daftar Isi:
  • Bahasa Arab adalah kalimat yang dipergunakan oleh bangsa Arab dalam mengutarakan maksud/tujuan (pikiran dan perasaan) mereka. Dalam suatu sistem mempelajari bahasa Arab yang ideal diharapkan siswa mempunyai ketrampilan dalam bahasa Arab antara lain: ketrampilan mendengar, ketrampilan berbicara, ketrampilan membaca, dan ketrampilan menulis. Bahasa Arab sendiri terdiri dari berbagai cabang ilmu, diantaranya adalah ilmu Nahwu. Untuk menguasai keempat aspek ketrampilan berbahasa Arab di atas diperlukan ilmu Nahwu dan Sharaf,karena mempermudah seseorang dalam mempelajari aspek-aspek lainya. Salah satu pembelajaran ilmu Nahwu sebagai sarana dan penunjang dalam memahami bahasa Arab adalah seperti yang dilakukan di Madrasah Aliyah Miftahul Huda Rawalo Banyumas. Rumusan masalah penelitian ini adalah “Bagaimana Pembelajaran Nahwu dengan Metode Eklektik di Kelas X Jurusan Keagamaan MA Miftahul Huda Rawalo Banyumas ?”. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis bagaimana pembelajaran Nahwu dengan metode Eklektik di kelas X jurusan keagamaan MA Miftahul Huda Rawalo Banyumas. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti turun langsung ke lokasi penelitian untuk memperoleh informasi mengenai pembelajaran Nahwu dengan metode Eklektik di kelas X jurusan keagamaan. Lokasi yang menjadi tempat penelitian adalahMA Miftahul Huda Rawalo Banyumas dengan subyek meliputi guru mata pelajaran Nahwu, siswa kelas X jurusan keagamaan dan kepala madrasah. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa tujuan pembelajaran Nahwu di kelas X jurusan keagamaan MA Miftahul Huda Rawalo Banyumas yaitu supaya siswa dapat mengetahui dan memahami kaidah-kaidah nahwu secara teori dan praktek. Adapun metode Eklektik yang digunakan diantaranya meliputi metode hafalan, metode qawa’id wa tarjamah, metode tanya jawab, dan metode diskusi. Dengan guru mengkombinasikan beberapa metode pembelajaran tersebut dapat mengurangi kejenuhan dan rasa bosan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran dan penggunaannya sudah cukup bisa membantu siswa memahami materi yang disampaikan.