ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL KELAS VII SMP NEGERI 1 KEMBARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Main Author: Cahyaningrum, Isti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5679/1/ISTI%20CAHYANINGRUM_ANALISIS%20KUALITAS%20BUTIR%20SOAL%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20PADA%20PENILAIAN%20AKHIR%20SEMEST.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5679/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5679/
http://repository.iainpurwokerto.ac.id
ctrlnum 5679
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5679/</relation><title>ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL KELAS VII SMP NEGERI 1 KEMBARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019</title><creator>Cahyaningrum, Isti</creator><subject>2x7.35 Kurikulum</subject><subject>375 Curriculums</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Pendidikan Agama Islam Pada Penilaian Akhir Semester Gasal Kelas VII SMP Negeri 1 Kembaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Kualitas butir soal yang dianalisis ini ditinjau dari segi Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh.&#xD; Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan mengambil 20% dari 230 peserta didik kelas VII A &#x2013; VII G SMP Negeri 1 Kembaran, sehingga sampel yang didapat sebanyak 46 peserta didik. Objek dalam penelitian ini adalah butir soal dan lembar jawab peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Penilaian Akhir Semester Gasal Kelas VII SMP Negeri 1 Kembaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates V4.&#xD; Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ditinjau dari segi validitas butir soal, menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 1% soal yang valid berjumlah 13 butir soal (37,1%) dan soal yang tidak valid berjumlah 22 butir soal (62,9%). Sedangkan pada taraf signifikansi 5% soal yang valid berjumlah 17 butir soal (48,6%) dan soal yang tidak valid berjumlah 18 butir soal (51,4%). (2) Ditinjau dari segi reliabilitas, soal memiliki reliabilitas cukup dengan nilai koefisiensi 0,52. (3) Ditinjau dari segi tingkat kesukaran butir soal, diketahui bahwa soal yang tergolong sukar berjumlah 1 butir (2,9%), tergolong sedang berjumlah 9 butir (25,7%), tergolong mudah berjumlah 14 butir (40%), dan tergolong sangat mudah berjumlah 11 butir (31,4%). (4) Ditinjau dari segi daya pembeda, diketahui bahwa soal yang termasuk kategori sangat jelek berjumlah 2 butir (5,8%), kategori jelek berjumlah 11 butir (31,4%), kategori cukup berjumlah 12 butir (34,2%), kategori baik berjumlah 10 butir (28,6%). (5) Ditinjau dari segi efektivitas pengecoh, didapatkan bahwa 4 butir soal (11,4%) dinyatakan berfungsi dengan baik dan 31 butir soal (88,6%) dinyatakan belum berfungsi dengan baik.</description><date>2019-07-08</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5679/1/ISTI%20CAHYANINGRUM_ANALISIS%20KUALITAS%20BUTIR%20SOAL%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20PADA%20PENILAIAN%20AKHIR%20SEMEST.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5679/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><identifier> Cahyaningrum, Isti (2019) ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL KELAS VII SMP NEGERI 1 KEMBARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, IAIN Purwokerto. </identifier><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id</relation><recordID>5679</recordID></dc>
language ind
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Cahyaningrum, Isti
title ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PENILAIAN AKHIR SEMESTER GASAL KELAS VII SMP NEGERI 1 KEMBARAN TAHUN PELAJARAN 2018/2019
publishDate 2019
topic 2x7.35 Kurikulum
375 Curriculums
url http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5679/1/ISTI%20CAHYANINGRUM_ANALISIS%20KUALITAS%20BUTIR%20SOAL%20PENDIDIKAN%20AGAMA%20ISLAM%20PADA%20PENILAIAN%20AKHIR%20SEMEST.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5679/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5679/
http://repository.iainpurwokerto.ac.id
contents Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas butir soal Pendidikan Agama Islam Pada Penilaian Akhir Semester Gasal Kelas VII SMP Negeri 1 Kembaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Kualitas butir soal yang dianalisis ini ditinjau dari segi Validitas, Reliabilitas, Tingkat Kesukaran, Daya Pembeda, dan Efektivitas Pengecoh. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan secara acak dengan mengambil 20% dari 230 peserta didik kelas VII A – VII G SMP Negeri 1 Kembaran, sehingga sampel yang didapat sebanyak 46 peserta didik. Objek dalam penelitian ini adalah butir soal dan lembar jawab peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Penilaian Akhir Semester Gasal Kelas VII SMP Negeri 1 Kembaran Tahun Pelajaran 2018/2019. Teknik Pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan program Anates V4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Ditinjau dari segi validitas butir soal, menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 1% soal yang valid berjumlah 13 butir soal (37,1%) dan soal yang tidak valid berjumlah 22 butir soal (62,9%). Sedangkan pada taraf signifikansi 5% soal yang valid berjumlah 17 butir soal (48,6%) dan soal yang tidak valid berjumlah 18 butir soal (51,4%). (2) Ditinjau dari segi reliabilitas, soal memiliki reliabilitas cukup dengan nilai koefisiensi 0,52. (3) Ditinjau dari segi tingkat kesukaran butir soal, diketahui bahwa soal yang tergolong sukar berjumlah 1 butir (2,9%), tergolong sedang berjumlah 9 butir (25,7%), tergolong mudah berjumlah 14 butir (40%), dan tergolong sangat mudah berjumlah 11 butir (31,4%). (4) Ditinjau dari segi daya pembeda, diketahui bahwa soal yang termasuk kategori sangat jelek berjumlah 2 butir (5,8%), kategori jelek berjumlah 11 butir (31,4%), kategori cukup berjumlah 12 butir (34,2%), kategori baik berjumlah 10 butir (28,6%). (5) Ditinjau dari segi efektivitas pengecoh, didapatkan bahwa 4 butir soal (11,4%) dinyatakan berfungsi dengan baik dan 31 butir soal (88,6%) dinyatakan belum berfungsi dengan baik.
id IOS3655.5679
institution Institut Agama Islam Negeri Purwokerto
affiliation onesearch.perpusnas.go.id
ptki.onesearch.id
institution_id 508
institution_type library:university
library
library Perpustakaan IAIN Purwokerto
library_id 184
collection Repository IAIN Purwokerto
repository_id 3655
city PURWOKERTO
province JAWA TENGAH
repoId IOS3655
first_indexed 2019-08-12T07:10:12Z
last_indexed 2020-01-16T04:49:53Z
recordtype dc
_version_ 1763141804822102016
score 17.538404