PEMBINAAN KARAKTER SISWA DHUAFA MELALUI KONSEP BOARDING SCHOOL DI SMK NEGERI 3 PURBALINGGA Oleh: Firda Zahra Isnaini 1423101066
Main Author: | Firda Zahra Isnaini, 1423101066 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5610/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5610/2/FIRDA%20ZAHRA%20ISNAINI_PEMBINAAN%20KARAKTER%20SISWA%20DHUAFA%20MELALUI%20KONSEP%20BOARDING%20SCHOOL%20DI%20SMK%20NEGERI%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5610/ |
ctrlnum |
5610 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5610/</relation><title>PEMBINAAN KARAKTER SISWA DHUAFA MELALUI KONSEP BOARDING SCHOOL DI SMK NEGERI 3 PURBALINGGA

Oleh: 
Firda Zahra Isnaini
1423101066</title><creator>Firda Zahra Isnaini, 1423101066</creator><subject>370.1 Phylosophy and Theory of Education</subject><description>Dalam undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3 disebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Es, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, salah satu cara untuk melaksanakan amanat undang – undang tersebut adalah dengan menggerakan pendidikan karakter.
Namun tidak semua warga masyarakat memiliki kemampuan untuk menggapai pendidikan pendidikan sebagaimana mestinya, namun hal ini berbeda dengan SMK Negeri 3 Purbalingga yang membebaskan seluruh biaya pendidikan bagi para siswa.
Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pembinaan karakter yang dilakukan di SMK Negeri 3 Purbalingga. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Maksud dari kualitatif disini adalah data hasil penelitian yang dikumpulkan bukan berupa angka – angka tapi berupa ungkapan yang bersifat kualitatif yang didapat dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang mana peneliti langsung terjun di lokasi penelitian.
Penelitian ini menemukan bahwa pembinaan karakter yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Purbalingga melalui pembiasaan, keteladanan, mengundang tokoh, serta pemberian sanksi atas pelanggaran yang dilakukan siswa.</description><date>2019</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5610/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>ind</language><identifier>http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5610/2/FIRDA%20ZAHRA%20ISNAINI_PEMBINAAN%20KARAKTER%20SISWA%20DHUAFA%20MELALUI%20KONSEP%20BOARDING%20SCHOOL%20DI%20SMK%20NEGERI%20.pdf</identifier><identifier> Firda Zahra Isnaini, 1423101066 (2019) PEMBINAAN KARAKTER SISWA DHUAFA MELALUI KONSEP BOARDING SCHOOL DI SMK NEGERI 3 PURBALINGGA Oleh: Firda Zahra Isnaini 1423101066. Skripsi thesis, IAIN. </identifier><recordID>5610</recordID></dc>
|
language |
ind |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Firda Zahra Isnaini, 1423101066 |
title |
PEMBINAAN KARAKTER SISWA DHUAFA MELALUI KONSEP BOARDING SCHOOL DI SMK NEGERI 3 PURBALINGGA
Oleh:
Firda Zahra Isnaini
1423101066 |
publishDate |
2019 |
isbn |
9781423101062 |
topic |
370.1 Phylosophy and Theory of Education |
url |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5610/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5610/2/FIRDA%20ZAHRA%20ISNAINI_PEMBINAAN%20KARAKTER%20SISWA%20DHUAFA%20MELALUI%20KONSEP%20BOARDING%20SCHOOL%20DI%20SMK%20NEGERI%20.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5610/ |
contents |
Dalam undang – undang Nomor 20 Tahun 2003 pasal 3 disebutkan bahwa Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermatabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Es, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab, salah satu cara untuk melaksanakan amanat undang – undang tersebut adalah dengan menggerakan pendidikan karakter.
Namun tidak semua warga masyarakat memiliki kemampuan untuk menggapai pendidikan pendidikan sebagaimana mestinya, namun hal ini berbeda dengan SMK Negeri 3 Purbalingga yang membebaskan seluruh biaya pendidikan bagi para siswa.
Tujuan adanya penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana pembinaan karakter yang dilakukan di SMK Negeri 3 Purbalingga. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Maksud dari kualitatif disini adalah data hasil penelitian yang dikumpulkan bukan berupa angka – angka tapi berupa ungkapan yang bersifat kualitatif yang didapat dengan wawancara, observasi dan dokumentasi yang mana peneliti langsung terjun di lokasi penelitian.
Penelitian ini menemukan bahwa pembinaan karakter yang dilaksanakan di SMK Negeri 3 Purbalingga melalui pembiasaan, keteladanan, mengundang tokoh, serta pemberian sanksi atas pelanggaran yang dilakukan siswa. |
id |
IOS3655.5610 |
institution |
Institut Agama Islam Negeri Purwokerto |
affiliation |
onesearch.perpusnas.go.id ptki.onesearch.id |
institution_id |
508 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan IAIN Purwokerto |
library_id |
184 |
collection |
Repository IAIN Purwokerto |
repository_id |
3655 |
city |
PURWOKERTO |
province |
JAWA TENGAH |
repoId |
IOS3655 |
first_indexed |
2019-08-12T07:10:12Z |
last_indexed |
2020-01-16T04:49:53Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1763141804636504064 |
score |
17.538404 |