IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS 2A DI MI DIPONEGORO 1 PURWOKERTO LOR KECAMATAN PURWOKERTO TIMUR KABUPATEN BANYUMAS

Main Author: Anggita Gustin Nur, Rokhmah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5577/1/ANGGITA%20GUSTIN%20NUR%20ROKHMAH_IMPLEMENTASI%20MODEL%20PEMBELAJARAN%20KOOPERATIF%20TIPE%20STAD%20PADA%20PEMBELAJARAN.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5577/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5577/
Daftar Isi:
  • Penerapan model pembelajaran dengan berbagai macam strategi yang tepat dalam setiap pembelajaran merupakan salah satu faktor keberhasilan dari suatu proses pembelajaran. Proses pembelajaran akan berjalan dengan maksimal apabila peserta didik terlibat secara aktif dan mengalami perubahan perilaku yang positif. Pembelajaran tematik lebih menekankan pada keterlibatan peserta didik secara aktif dalam proses pembelajaran, sehingga peserta didik dapat memperoleh pengalaman langsung dan terlatih untuk dapat menemukan sendiri pengetahuan dan pengalamannya sesuai yang dipelajarinya. Dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat melatih siswa untuk memiliki kemampuan yang baik dalam berkomunikasi, menumbuhkan ketrampilan berpikir maupun ketrampilan sosial. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran tematik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran tematik di MI Diponegoro 1 Purwokerto Lor, yaitu : pembelajaran di awali dengan proses perencanaan pembelajaran, kemudian dilanjutkan dengan proses pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam pembelajaran tematik serta evaluasi pembelajaran. Proses perencanaan pembelajaran yang dilakukan yakni dengan membuat RPP, media dan sumber belajar, serta menentukan anggota kelompok. Pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD secara umum yakni kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Kegiatan inti meliputi penyampaian tujuan dan motivasi, pembagian kelompok, presentasi guru, kegiatan belajar dalam tim, kuis dan penghargaan tim. Pada evaluasi pembelajaran, yang dilakukan guru yakni dengan penilaian hasil diskusi dan penilaian individu melalui tes atau kuis serta melalui pengamatan. Dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe STAD peserta didik menjadi lebih kooperatif, saling berinteraksi aktif dan positif serta saling bekerja sama.