KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SEKOLAH AGAMA DI VITYASIL SCHOOL THAILAND
Main Author: | Ahmad Daelami, 1223308084 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5562/1/AHMAD%20DAELAMI_KOMPETENSI%20PROFESIONAL%20GURU%20SEKOLAH%20AGAMA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5562/2/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5562/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini membahas kompetensi profesional guru agama di Vityasil School.Sudahtidakdapat dipungkirilagi bahwasanya pada akhir-akhir ini permasalahan yang sering dibahas adalah permasalahan seputar profesionalisme guru. Profesionalisme guru menjadi sorotan penting baik dalam dunia pendidikan maupun dalam kehidupan bermasyarakat.Vityasil School Thailand merupakan salah satusekolahyang didalamnya terdapat dualisme pembelajaran yaitu pembelajaran ilmu umum (akademik) dan pembelajaran ilmu agama (Islam) sehinggamenarikuntuk ditelitiprofesionalitasgurunya. Fokus Penelitian ini adalah “Bagaimana kompetnsi profesional guru sekolah agama.” Penelitian dilaksanakan di Vityasil School Thailandsebab selain program pendidikan yang menggunakan sistem dualisme yaitu dalam satu sekolah memiliki dua administratif dan dua kelompok tenaga edukatif tapi juga khusus untuk para guru pembelajaran ilmu agama (Islam) di sekolah ini hampir keseluruhannya merupakan lulusan dari timur tengah yang dasar keilmuannya tentang Islam hampir tidak diragukan lagi. Penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Data-data dikumpulkan dengan metode : Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. 1) Observasi digunakan untuk memperoleh gambaran tentang kompetensi profesionalisme guru sekolah agama 2) Wawancara dilakukan untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan indikatorkompetensi profesional, 3) Dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang sejarah berdirinya sekolah, struktur organisasi, keadaan ustadzat, siswa dan kurikulum. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman, adapun teknik analisis data terdiri atas tiga alur kegiatan, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian yang sudah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa guru agama di Vityasil School sudah memiliki kompetensi profesional dan indikator profesionalismenya adalah menguasai bahasa dan teknologi, menguasai landasan pendidikan, menguasai bahan ajar, menyusun dan melaksanakan program pengajaran, menilai proses hasil pembelajaran, melaksanakan bimbingan dan menyusun administrasi.Namun terdapat sedikit kekurangan dalam menyusun program pemelajaran dan pengembangannya terutama penyajiannyayang terprogram sistematis dalam bentuk laporan administratif. Hal ini belum sempurna dilakukan karena masih mengacu pada kitab dan buku yang menjad kurikulum Vityasil School, Sakkam Ma Yo, Pattani Thailand.