PENGEMBANGAN KREATIVITAS SENI ANAK USIA DINI DI KELOMPOK BERMAIN WADAS KELIR PURWOKERTO SELATAN
Main Author: | IKA NURHANIFAH, 1522406015 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5557/1/COVER_BAB%20IO_%20BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5557/2/IKA%20NURHANIFAH_PENGEMBANGAN%20KREATIVITAS%20SENI%20ANAK%20USIA%20DINI%20DI%20KELOMPOK%20BERMAIN%20WADAS%20KELIR%20PURWOKERTO%20SELATAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5557/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini menggunakan metode penelitian lapangan yang bersifat deskriptif kualitatif. Lokasi yang diteliti adalah KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan. Dengan subjek penelitian meliputi, kepala sekolah, guru, orangtua, dan anak-anak KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan. Objek penelitian adalah proses pengembangan kreativitas seni anak usia dini di KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian meliputi: 1) Pengembangan kreativitas seni anak usia dini di KB Wadas Kelir pada kelas seni telah menghasilkan produk kreativitas berupa gambar mewarnai teknik gradasi, penampilan pantomim dengan penuh percaya diri, cerita dan penampilan dongeng, tarian jawa dan modern, dan dapat menyanyi dengan iringan musik. 2) Dalam mengefektifkan kelas seni orangtua berperan sebagai motivator, fasilitator dan cerminan bagi anak. 3) Pelaksanaan kelas seni didukung oleh faktor waktu, kesempatan, hubungan anak dan orangtua serta stimulasi dari lingkungan dan sekolah. 4) Hambatan yang dialami di antaranya faktor pribadi (anak), faktor sarana dan prasarana (sekolah), dan faktor situasi.