MANAJEMEN ORGANISASI KEROHANIAN ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KEPRIBADIAN SISWA DI SMK N 1 BANYUMAS DAN SMK N 1 PURWOKERTO
Main Author: | Ari Sulistiono, 1423402031 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5550/1/ARI%20SULISTIONO_MANAJEMEN%20ORGANISASI%20KEROHANIAN%20ISLAM%20DALAM%20P.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5550/2/COVER%2C%20BAB%20I%2C%20BAB%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5550/ |
Daftar Isi:
- The results showed that: Islamic Spiritual Organization Management in the formation of the personality of students in SMK N 1 Banyumas and SMK N 1 Purwokerto was carried out through Islamic activities in both schools. In the implementation of Islamic Spiritual organization management in the formation of students' personalities through two processes, namely the process of Islamic knowledge education that is knowledge activities, where all students will be given knowledge about Islam which aims to shape Islamic personalities and Islamic habituation education processes, namely the process of activities that are habituating to students, so students can get used to doing these activities with the aim of training students to get used to Islamic activities so that the student's personality is formed in accordance with Islamic religious guidelines. Keywords: Organizational Management, Islamic Spirituality, and the formation of the personality of Banyumas N 1 Vocational High School and Purwokerto N 1 Vocational School tersebut dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data (penarikan kesimpulan). Hasil penelitian menunjukan bahwa: Manajemen Organisasi Kerohanian Islam dalam pembentukan kepribadian siswa di SMK N 1 Banyumas dan SMK N 1 Purwokerto dilakukan melalui kegiatan-kegiatan keislaman di kedua sekolah tersebut. Dalam pelaksanaannya manajemen organisasi Kerohanian Islam dalam pembentukan kepribadian siswa melalui dua proses yaitu proses pendidikan pengetahuan Islam yaitu kegiatan yang bersifat pengetahuan, dimana semua siswa akan diberikan pengetahuan mengenai agama Islam yang mana tujuannya yaitu membentuk kepribadian pada siswa yang bernuansa islami dan proses pendidikan pembiasaan Islam yaitu proses kegiatan yang bersifat pembiasaan pada siswa, sehingga siswa dapat terbiasa melakukan kegiatan tersebut dengan tujuan melatih siswa membiasakan dirinya melakukan kegiatan-kegiatan yang islami agar kepribadian siswa tersebut terbentuk sesuai dengan pedoman agama Islam.