KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MA’HAD AT-TARBIYAH SASNUPATHAM SHCOOL PROPINSI PATANI (SELATAN THAILAND)

Main Author: Sainab, Che'do
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5530/1/COVER_ABSTRAK_BAB%20I%20DAN%20BAB%20V.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5530/2/COVER_ABSTRAK_BAB%20I_BAB%20II_BAB%20III_BAB%20IV_BAB%20V%20DAN%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5530/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran pribadi muslim pada diri siswa dapat diwujudkan melalui pendidikan agama Islam yang mana salah satu wadah penanaman nilai-nilai keislaman pada diri siswa melalui pendidikan keagamaan adalah sekolah. Pada dasarnya pelaksanaan pendidikan agama Islam disekolah umum bukan hanya sekedar memberikan pengetahuan agama Islam kepada siswa, akan tetapi yang lebih penting adalah bagaimana siswa mau dan mampu mengamalkan ajaran Islam itu sendiri. Pada umumnya sekolah telah memberikan perhatian terhadap pendidikan agama, sebagaimana terlihat dari adanya kurikulum agama dan berbagai kegiatan keagamaan di sejumlah sekolah dewasa ini. Akan tetapi, pelaksanaan pendidikan agama yang berlangsung di sekolah masih mengalami banyak kelemahan. Titik lemah pembelajaran bidang Studi Pendidikan Agama Islam terletak pada komponen yang meliputi, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi pembelajaran pendidikan agama Islam. Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui (1) kurikulum pendidikan agama Islam di Ma’hat At-tarbiyah Sasnupatham school Propinsi Patani (Selatan Thailand) (2) aktivitas (hidden Curriculum) pendidikan agama islam di Ma’hat At-tarbiyah Sasnupatham school Propinsi Patani (Selatan Thailand). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Ma’hat At-tarbiyah Sasnupatham school Propinsi Patani (Selatan Thailand). Sumber data yang digunakan berasal dari Guru PAI, Kepsek, Waka Kurikulum. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan Observasi, Wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat diketahui bahwasanya kurikulum pendidikan agama Islam di Ma’hat At-tarbiyah Sasnupatham school Propinsi Patani (Selatan Thailand) telah dilaksanakan dengan melakukan (1) penyusunan perencanaan Pembelajaran oleh guru PAI yang berpedoman pada silabus yang ada dalam kurikulum Thailand PAI, (2) pemilihan media maupun penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi dan (3) Tehnik evaluasi yang ada di pembelajaran pendidikan agama Islam di Ma’hat At-tarbiyah Sasnupatham school Propinsi Patani (Selatan Thailand) yaitu tes tulis, Tanya jawab, dan tanggapan siswa terkait materi.