PENANAMAN BUDAYA SOPAN SANTUN PADA SISWA DI SD NEGERI 2 TLAHAB LOR KECAMATAN KARANGREJA KABUPATEN PURBALINGGA
Main Author: | Yuli, Rantikawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5523/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5523/2/Yuli%20Rantikawati_PENANAMAN%20BUDAYA%20SOPAN%20SANTUN%20PADA%20SISWA%20DI%20%20SD%20NEGERI%202%20TLAHAB%20LOR%20KECAMATAN%20KA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5523/ |
Daftar Isi:
- Pendidikan karakter di Indonesia telah menjadi sebuah wacana yang diimplementasikan dalam kurikulum nasional. Salah satu aspekpaling penting dari pendidikan karater ini adalah tentang sopan dantun. Di era modern ini, sebagai sebuah bagian dariglobalisasi, sopan santun secara perlahan mulai luntur dalam benak siswa yang diisebabkan oleh pengaruh dari budaya luar yang sangat mudah diakses. Dengan demikian, agenda nasional mulai memberikan perhatian terhadap pembentukkan karakter siswa ini. SD Negeri 2 Tlahan Lor Kecamatan Karangreja Kabupaten Purbalingga adalah salah satu sekolah dasar yang dengan seius konsen dalam menanamkan budata sopan santun pada siswanya. Sekolah ini mencoba untuk menamankan budaya ini dalam rangka memberikan bekal bagi para siswanya dalam menghadapi era disrups agar mereka dapati hidup dalam masyarakat tanpa harus kehilangan idenfitasnya sebagai orang Indonesia, lebih khusus lagi sebagai orang Jawa. Penelitian ini adalah sebuah penelitian kualitatif, yang mengambil objek penelitian di Sekolah Dasar Negeri 2 Tlahab Lor, Kecamatan Karangreja, Kabupaten Purbalingga. Semantara itu, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dari penelitian ini adalah dengan menyekleksi, mengklasifikasi dan menginterpretasikan data yang ada. Kemudian mendeskripsikan data tersebut dengan bahasa yang jelas untuk menghasilkan informasi yang detail kemudian menarasikan serta membuat kesimpulan. Dalam penelitian ini, kita kan dibawa pada kajian mendalam tentang bagaimanakah penanaman budaya sopan santun pada siswa dilakukan di SD Negeri 2 Tlahab Lor. Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Aspek-aspek penamanam budaya sopan santun yang ada di sekolah ini: berbahasa yang baik, berperilaku yang baik dan berpakaian yang baik. (2) Strategi penanaman budaya sipan santun dilakukan melalui kegiatan KBM dan di luar KBM oleh segenap tenaga kependidikan di sana. (3) Implementasi dari strategi penanaman budaya sopan santun tersebut dilakukan melalui pembiasaan, pembuatan aturan-aturan sekolah, menyajikan role model, memberikan nasihat kepada siswa, dan yang terakhir adalah pemberian ganjaran dan hukuman.