Daftar Isi:
  • Dalam dunia pendidikan secara subtansi, mata pelajaran Fiqih merupakan hal yang sangat kompleks. Dalam arti bahwa, pada mata pelajaran tersebut mencakup tiga ranah diantaranya kognitif, afektif, dan psikomotor. Melihat hal tersebut diatas tentunya guru diharapkan untuk mampu merubah gaya belajar yang disesuaikan oleh situasi dan kondisi siswa, agar proses balajar mengajar lebih menyenangkan, maka dari itu diperlukan strategi-strategi yang mengaktifkan siswa. Demikian pula dengan proses pembelajaran Fiqih di MTs Ma`arif NU 12 Arenan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga menerapkan strategi pembelajaran aktif dengan tujuan hasil pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Penerapan strategi pembelajaran aktif tersebut peneliti tuangkan dalam skripsi yang berjudul Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif pada Mata Pelajaran Fiqih di MTs Ma`arif NU 12 Arenan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran aktif pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ma`arif NU 12 Arenan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya. Sedangkan subyek penelitiannya adalah guru mata pelajaran Fiqih dan siswa kelas VII, VII, dan IX. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian dalam skripsi ini, bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif pada mata pelajaran Fiqih di MTs Ma`arif NU 12 Arenan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2013/2014 meliputi: penerapan strategi pembelajaran aktif; yang diterapkan yaitu Everyone is Teacher Herepada kelas VII B materi shalat jenazah, Jigsaw Learning pada kelas VIII A materi haji, Card Sort pada kelas IX B materi pengurusan jenazah,Questions Student Have pada kelas VII A materi shalat jama‟, qashar dan jama‟ qashar, dan Inquiring Minds what to Know pada kelas VIII C materi umrah; faktor-faktor pertimbangan pemilihan strategi pembelajaran aktif; serta faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan strategi pembelajaran aktif. Sehingga dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif cocok di terapkan dalam pembelajaran Fiqih di MTs Ma`arif NU 12 Arenan Kecamatan Kaligondang Kabupaten Purbalingga, sesuai dengan materi pelajaran dan didukung oleh sarana prasarana yang cukup memadai. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran Aktif, Mata Pelajaran Fiqih.