Daftar Isi:
  • Setiap manusia yang lahir akan membawa fitrahnya sendiri, dan fitrah itu akan berkembang sesuai dengan usaha manusia itu sendiri.Fitrah manusia dapat berkembang melalui pendidikan dalam keluarga, masyarakat atau pendidikan sekolah.Pendidikan formal seperti Madrasah dan keluarga memiliki fungsi dan peran penting dalam membentuk karakter anak itu sendiri.Terutama di dalampendidikan formal untukmengembangkanakhlakulkarimah yang bertujuanmenjadikanpesertadidik yang beriman dan taqwa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanaPengembangan Akhlakul Karimah Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jambusari Jeruklegi Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangandenganpendekatandeskriptifkualitatif, Subjek yang diambildalampenelitianiniadalahkepala Madrasah, guru kelas, danpesertadidik.Objek yang diteliti adalah pengembangan akhlakul karimah siswa Madrasah Ibtidaiyah Jambusari Jeruklegi Cilacap. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan metode analisa kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, mengambil kesimpulan. HasilpenelitianinimenunjukanbahwaPengembangan akhlakul karimahsiswayang dilakukan Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jambusari meliputi: Program hariantadarusAl-Qur’an setiap pagi, shalat dhuha dan dhuhur berjama’ah. dan program tahunan meliputi: Peringtan hari besar islam,membersihkan masjid dan musola, khotmil Qur’an dan tes juz ‘ama guna mengambil ijzah dan raport siswaMadrasah Ibtidaiyah Negeri Jambusari Jeruklegi Cilacap teruntuk kelas akhir yakni kelas enam.