EFEKTIVITAS COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI KELAS V MI MA’ARIF NU 01 KARANGKLESEM, PEKUNCEN, BANYUMAS
Main Author: | Lia Imroatul Mufidati, NIM. 1423305200 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5443/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5443/2/LIA%20IMROATUL%20MUFIDATI_EFEKTIVITAS%20COOPERATIVE%20LEARNING%20TIPE%20STAD%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KEMAMPUAN%20REP.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5443/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi pembelajaran matematika di sekolah dasar yang hanya menekankan pada aspek pengajaran dengan menggunakan metode ceramah yang kesannya membosankan dan membuat peserta didik tidak antusias serta menganggap bahwa pembelajaran matematika menakutkan, menyeramkan serta membosankan. Sehingga pembelajaran kurang maksimal serta tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran secara maksimal. Akibatnya banyak peserta didik yang menganggap pembelajaran matematika adalah pelajaran yang sulit, menakutkan serta membosankan. Untuk menghilangkan persepsi tersebut, guru perlu melakukan inovasi saat pembelajaran yang dapat mengubah persepsi peserta didik menjadi menarik serta antusias dengan menggunakan pembelajaran berkelompok (Cooperative Learning) tipe STAD (Student Team Assesment Devision) yang berasal dari konsep bahwa pembelajaran berpusat pada peserta didik (student centered learning) dan guru menjadi fasilitator dari peserta didik. Penelitian dilakukan di MI Ma’arif Nu 01 Karangklesem dengan teknik purposive sampling dan di dapatkan kelas VA sebagai kelas eksperimen dengan jumlah peserta didik 23 anak dan kelas VB sebagai kelas kontrol dengan jumlah peserta didik 24 anak. Metode pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada guru, peserta didik serta pihak sekolah yang berhubungan dengan penelitian, selain itu dengan observasi pembelajaran, dokumentasi selama proses penelitian, serta tes berupa instrumen soal pre-test dan post-test. Instrumen soal berupa tes uraian yang telah diuji validitas dan reliailitasnya dengan bantuan SPSS 16. Perolehan rata-rata pre test kelas kontrol sejumlah 27,04 dan kelas eksperimen sejumlah 29,04 sehingga dapat dikatakan bahwa hasil analisis terhadap data pre-test ditemukan bahwa sebelum diberi perlakuan kedua kelompok memiliki kemampuan yang sama. Sedangkan perolehan rata-rata post test kelas kontrol sejumlah 28,54 dan perolehan rata-rata kela seksperimen yaitu sejumlah 33. Sedangkan rata-rata nilai N-Gain kelas kontrol yaitu 0 dengan kriteria rendah dan rata-rata nilai N-Gain kelas eksperimen yaitu 1 dengan kriteria tinggi, sehingga dapat disimpulkan bahwa pembelajaran STAD lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensioal. Hal ini menunjukan bahwa pembelajaran cooperative learning tipe STAD lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik., dan hasil analisis terhadap data skor post-test ditemukan bahwa dalam penelitian tersebut diperoleh perbedaan signifikan peningkatan kemampuan representasi matematis peserta didik yang menggunakan pembelajaran STAD dibandingkan dengan pembelajaran konvensional dengan nilai perbedaan yang dihitung dengan dibantu program SPSS 16, nilai Asym. Sig (2-Tailed) pada post-test sebesar 0,491. Perolehan rata-rata peningkatan pembelajaran STAD lebih baik dibandingkan pembelajaran konvensioal. Sebagai kesimpulannya, penelitian ini membuktikan bahwa cooperative learning tipe STAD dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis peserta didik di MI Ma’arif NU 01 Karangklesem.