Daftar Isi:
  • Penelitian ini tentang pengaruh komponen biaya promosi terhadap volume penjualan di toko Sopana Bakery. Permasalahan yang dihadapi adalah apakah ada pengaruh antara komponen biaya promosi terhadap peningkatan volume penjualan, serta diantara variabel komponen biaya promosi manakah yang memberikan pengaruh paling dominan terhadap peningkatan volume penjualan. Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah komponen biaya promosi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap volume penjualan Sopana Bakery, untuk mengetahui variabel mana yang paling dominan antara komponen biaya promosi terhadap peningkatan volume penjualan. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian lapangan (field research), pengumpulan data yang digunakan metode dokumentasi dan metode wawancara, metode analisis data yang digunakan statistik deskriptif, analisis regresi linier berganda, uji asumsi klasik; pengujian hipotesis yang digunakan uji F dan uji t. data yang digunakan yaitu laporan keuangan Sopana Bakery tahun 2012 sampai dengan priode tahun 2015. Hasil penelitian ini diperoleh bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara masing-masing komponen biaya promosi secara parsial dan bersama-sama terhadap volume penjualan apabila dilihat melalui F hitung. Sesuai hasil analisis diketahui bahwa faktor yang paling dominan mempengaruhi volume penjualan adalah biaya personal selling. Dimana nilai t hitung biaya personal selling sebrsar 3,902, sedangkan biaya periklanan sebesar -0, 989, dan untuk biaya promosi penjualan sebesar -0,398. Pada Toko Sopana