PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI PEMANFAATAN MEDIA ALAM SEKITAR DI SD MUHAMMADIYAH 1 PURBALINGGA
Main Author: | LISTIYARTI, NIM: 1522603009 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5401/1/COVER_BABI_BABVI_DAFTAR%20PUSTAKA_LISTIYARTI.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5401/2/LISTIYARTI_PENDEKATAN%20CONTEXTUAL%20TEACHING%20AND%20LEARNING.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5401/ |
Daftar Isi:
- Contextual Teaching And Learning merupakan pendekatan pembelajaran yang menekankan pada keterlibatan siswa dalam pembelajaran dengan cara menggali, menemukan, berdiskusi, berfikir kritis, dan mengkonstruksikan sendiri pengetahuan dan keterampilan barunya melalui kerja kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis secara mendalam penerapan pendekatan Contextual Teaching Learning pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dengan memanfaatkan media alam sekitar di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga, mulai dari pemahaman guru, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajarannya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SD Muhammadiyah 1 Purbalingga. Subyek penelitian adalah kepala sekolah, guru kelas, dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, teknik dan teori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, Proses perencanaan pembelajaran IPS melalui pendekatan kontekstual, memiliki corak khusus yang diawali dengan penentuan identitas yang meliputi mata pelajaran, kelas, semester dan tahun ajaran. Identitas tersebut ditentukan oleh guru kelas dengan mengacu pada kurikulum dan silabus yang telah ditetapkan. Kedua, pelaksanaan pembelajaran IPS melalui pendekatan kontekstual dengan memanfaatkan media alam sekitar dilaksanakan dengan tiga tahapan, yaitu: (1) Kegiatan awal, yang meliputi: pengkondisian kelas, penyampaian informasi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. (2) Kegiatan inti sesuai dengan langkah pendekatan kontekstual yang terdiri dari komponen konstruktivism, inquiry, questioning, learning community, modeling, reflection, dan authentic assessment; (3) Kegiatan penutup: membuat rangkuman dari materi yang telah dibahas, melakukan penilaian akhir dengan tes lisan maupun tes tertulis, dan memberikan tindak lanjut dengan menyampaikan rencana pembelajaran pada petemuan berikutnya. Ketiga, Evaluasi pembelajaran IPS dengan pendekatan kontekstual menggunakan sistem penilaian berbasis otentik dengan instrumen penilaian di antaranya: Paper and pencil test, Performance test, Portofolio, Product test, dan Self Assessment.