PENGARUH MOTIVASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KINERJA GURU MADRASAH TSANAWIYAH PONDOK PESANTREN PENDIDIKAN ISLAM MIFTAHUSSALAM BANYUMAS

Main Author: MASROFAH, NIM. 1522605013
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5394/1/ABSTRAK.docx
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5394/2/MASROFAH_PENGARUH%20MOTIVASI%20DAN%20KOMPETENSI%20TERHADAP%20KINERJA%20G.pdf
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5394/
Daftar Isi:
  • Pendidikan Nasional Indonesia bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik. Dalam lingkup yang luas dengan adanya berbagai permasalahan, dunia pendidikan selalu menarik untuk diteliti. Karena sumber daya manusia pendidikan amat menentukan masa depan bangsa, sehingga motivasi, kompetensi serta kinerja guru menjadi penting, karena guru merupakan pendidik yang harus profesional. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas. Metode pengumpulan data dengan kuesioner, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Data diperoleh dari populasi yaitu para guru Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas yang berjumlah 23 orang. Analisis data menggunakan analisis regresi. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa : 1) tidak terdapat pengaruh positif motivasi terhadap kinerja guru MTs Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas. 2) terdapat pengaruh positif kompetensi terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas dengan kontribusi sebesar 38,1%. 3) terdapat pengaruh positif motivasi dan kompetensi secara bersama-sama terhadap kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas dengan kontribusi sebesar 39,1%. Nilai pengaruh kompetensi terhadap kinerja guru sebesar 0,381. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif kompetensi terhadap kinerja guru. Oleh karena itu dalam upaya peningkatan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas dapat dilakukan melalui peningkatan kompetensi guru. Nilai pengaruh motivasi dan kompetensi secara bersama-sama terhadap kinerja guru sebesar 0,391. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif motivasi dan kompetensi secara bersama-sama terhadap kinerja guru. Oleh karena itu dalam upaya peningkatan kinerja guru Madrasah Tsanawiyah Pondok Pesantren Pendidikan Islam Miftahussalam Banyumas dapat dilakukan melalui peningkatan motivasi dan kompetensi guru.