EFEKTIVITAS KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH DALAM MENUNJANG KEMAMPUAN AKADEMIK DAN ADMINISTRASI TENAGA PENDIDIK DI MI MA’ARIF NU 04 BANJAREJA KECAMATAN NUSAWUNGU KABUPATEN CILACAP
Main Author: | HIDAYATUS SOLIHAH, NIM : 1223303013 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5377/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5377/2/HIDAYATUS%20SOLIHAH_EFEKTIVITAS%20KEPEMIMPINAN%20KEPALA%20MADRASAH%20DALAM%20MENUNJANG%20KEMAMPUAN%20AKADEMIK%20DAN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5377/ |
Daftar Isi:
- Kepala madrasah merupakan motor penggerak, penentu arah kebijakan madrasah, yang menentukan bagaimana tujuan-tujuan sekolah dan pendidikan pada umumnya direalisasikan. Guru sebagai tenaga pendidik yang berhubungan langsung dengan peserta didik harus memiliki keahlian khusus atau kualifikasi khusus dibidang akademik dan pengelolaan administrasi. Dibutuhkan efektivitas kepemimpinan kepala madrasah dalam menunjuang kemampuan akademik dan administrasi tenaga pendidik di MI Ma’arif Nu 04 Banjareja Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (research field) yaitu dengan cara melakukan penelitian secara langsung ke lokasi yang akan dijadikan obyek penelitian yang berorientasi pada temuan atau gejala-gejala. Penelitian menggunakan metode studi kasus terhadap Efektivitas Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menunjuang Kemampuan Akademik dan Administrasi Tenaga Pendidik di MI Ma’arif NU 04 Banjareja Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap. Hasil penelitian Efektivitas Kepemimpinan Kepala Madrasah Dalam Menunjuang Kemampuan Akademik dan Administrasi Tenaga Pendidik di MI Ma’arif NU 04 Banjareja Kecamatan Nusawungu Kabupaten Cilacap, yaitu 10 responden yang penulis teliti, ada 1 responden yang memiliki penilaian sangat rendah dengan total nilai 113 karena 113 – 127 masuk kategori sangat rendah kepada kepala madrasah, ada 9 responden yang menilai sangat tinggi dalam menilai kinerja kepala madrasah dengan hasil perolehan total 185 dengan perolahan total terdapat dalam tabel 173 – 187 masuk kategori sangat tinggi, sehinnga bisa dikatak para responden mayoritas menyatakan efektivitas kepala madrasah dalam menunjang kemampuan akademik dan administrasi guru adalah efektif, dikuatkan juga dengan hasil wawancara yang penulis lakukan.