KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS IV DI SD NEGERI 2 WIRASANA KECAMATAN PURBALINGGA KABUPATEN PURBALINGGA TAHUN 2018
Main Author: | Rossy Annisa Fadillah, NIM : 1423301245 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5372/1/COVER_DAFTAR%20ISI_BAB%20I-BAB%20V_DAFTRA%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5372/2/Rossy%20Annisa%20Fadillah_KOMPETENSI%20KEPRIBADIAN%20GURU%20DALAM%20%20MEN.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5372/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa dan mengetahui faktor pendukung dan penghamat kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam perbaikan mutu pembelajaran tingkat Sekolah Dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menekan pada catatan lapangan. Sumber dari penelitian ini adalah metode diskriptif-analisis. Adapun data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan triangulasi metode yang meliputi: observasi, wawancara, dan dokumentasi yang nantinya akan diketahui kompetensi kepribadian guru dalam mengembangkan kecerdasan emosional siswa kelas IV SD Negeri 2 Wirasana Kecamatan Purbalingga Kabupaten Purbalingga Tahun 2018. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: kompetensi kepribadian guru di SD Negeri 2 Wirasana sudah mampu mengembangkan kecerdasan emosional siswa dengan mengembangkan sikap konsistensi, mengembangkan sikap rendah hati, mengembangkan sikap berusaha dan berserah diri, mengembangkan sikap tulus dan ikhlas, mengembangkan sikap totalitas, dan mengembangkan sikap integritas atau penyempurnaan.