PENGEMBANGAN KECERDASAN SOSIAL ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN DI PAUD AN-NI’MAH KECAMATAN KESUGIHAN KABUPATEN CILACAP
Main Author: | NI’MATUL ‘ISMAYATI, NIM. 1423311025 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5357/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5357/2/Pengembangan%20kecerdasan%20Sosial%20Anak%20Usia%20Dini%20Melalui%20Kegiatan%20Bermain%20Peran%20di%20PAUD%20AN-NI%E2%80%99MAH%20Ke.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5357/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kecerdasan sosial anak, (2) kegiatan bermain peran anak, (3) pengembangan kecerdasan sosial anak usia dini melalui kegiatan bermain peran di PAUD AN-NI’MAH Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap Meteode penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian dilaksanakan di PAUD AN-NI’MAH Kecamatan Kesugihan Kabupaten Cilacap. Subyek penelitian meliputi: kepala PAUD AN-NI’MAH dan pendidik kelas jeruk b PAUD AN-NI’MAH, objek penelitian ini meliputi: pengembangan kecerdasan sosial emosional anak usia dini melalui kegiatan bermain peran. Teknik pengumpulan data menggunakan metode: pengamatan (observasi), wawancara dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan menggunakan triangulasi sumber, metode dan waktu. Teknik analisis menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) kegiatan bermain pada sentra main peran menggunakan 4 pijakan bermain yang meliputi: pijakan lingkungan, pijakan sebelum bermain, pijakan saat bermain dan pijakan setelah bermain. (2) anak dapat berinteraksi dengan orang dewasa dan teman sebaya ketika anak mampu mengatakan sesuatu kepada pendidik dan temannya, anak dapat menjaga keamanan diri ketika anak dapat memahami aturan bermain untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan terjadi, anak dapat menunjukan rasa percaya diri ketika anak mampu menjalankan perannya dengan baik, anak dapat menunjukan kemandirian ketika anak mampu menyelesaikan tugas secara tuntas dan bertanggung jawab membereskan APE pada tempatnya.