Daftar Isi:
  • Media merupakan alat penyampai pesan pembelajaran atau materi pembelajaran, dengan menerapkan media dalam proses pembelajaran diharapkan siswa dapat lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru. Melihat pada masa sekarang proses pembelajaran khususnya bahasa Arab sudah jarang diminati oleh kebanyakan siswa, apa lagi dengan kurangnya kreativitas guru dalam mengembangkan suasana pembelajaran menjadi menarik dan tidak membosakan. Oleh sebab itu penulis tertarik untuk meneliti bagaimana Implementasi Media Lingkungan Dalam Pembelajaran Bahasa Arab Di MTs Ma’arif NU 05 Majasari Bukateja Purbalingga Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Setelah itu, data yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis dengan mereduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh menunjukan bahawa dalam proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media lingkungan di MTs Ma’arif NU 05 Majasari Ada tiga tahapan dalam proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media lingkungan di MTs Ma’arif NU 05 Majasari, yang pertama yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan dan yang terakhir yaitu tahap evaluasi.