PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN MELALUI PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK PADA SISWA KELAS III MI MUHAMMADIYAH KARANGLO CILONGOK BANYUMAS TAHUN PELAJARAN 2018/2019
Main Author: | WIWIT NUR HIDAYATI, NIM. 1223310033 |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5311/1/COVER_BAB%20I_BAB%20V_DAFTAR%20PUSTAKA.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5311/2/PENINGKATAN%20HASIL%20BELAJAR%20MATEMATIKA%20MATERI%20PERKALIAN%20MELALUI%20PENDEKATAN%20PENDIDIKAN%20MATEMATIKA%20RE.pdf http://repository.iainpurwokerto.ac.id/5311/ |
Daftar Isi:
- Pada observasi awal, pembelajaran berlangsung monoton. Pembelajaran hanya berpusat pada guru. Siswa terlihat bingung, takut, dan mengobrol dengan temannya. Akibatnya hasil belajar matematika materi perkalian rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa pendekatan Pendidikan Matematika Realistik merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan Pendidikan Matematika Realistik siswa diberikan kesempatan untuk mengaitkan matematika dalam kehidupan sehari-hari sehingga belajar matematika menjadi lebih bermakna. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu penelitian yang terdiri dari beberapa siklus tindakan dalam pembelajaran, di mana setiap siklus terdiri dari empat tahapan yang meliputi: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Metode analisis data menggunakan analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Hasil penelitian dengan menerapkan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada proses pembelajaran matematika materi perkalian mengalami peningkatan yaitu dari pra-siklus 35%, siklus I 65%, dan siklus II 85%.